Follow Us @nila_zulva

Kamis, 05 September 2019

PELATIHAN KERJA BLK JEMBER [MEMBUAT HIDROPONIK]




PELATIHAN KERJA BLK JEMBER [MEMBUAT HIDROPONIK]

Bismillahirrahmanirrahim

Asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbilalamin.. akhirnya saya telah mantap mengikuti pelatihan kerja BLK Jember secara konsisten dan lancar, hehe

Jadi teman-teman... kemarin aku sudah menulis 3 episode tulisan seputar pembukaan pelatihan kerja BLK Jember. Monggo yang penasaran dan mau cek plus membacanya, kalian bisa langsung klik link di bawah ini:

Nah, setelah sekitar 1 minggu berlalu, kira-kira agenda apa saja yang telah kulakukan selama mengikuti pelatihan kerja di BLK Jember?

Sehari setelah agenda pembukaan, kami mendapat 3 seragam berupa 2 kemeja lengan pendek (berwarna biru kombinasi kuning dan merah kombinasi abu-abu) serta 1 kaos olah raga lengan pendek berwarna jingga. FYI. Seragam-seragam tersebut dibuat sendiri oleh pihak BLK yang merupakan peserta pelatihan bidang tata busana, keren yak! J Seragam biru kuning dipakai hari Senin-Selasa, seragam merah abu dipakai Rabu-Kamis, dan kaos olah raga dipakai hari Jumat. Seluruh peserta wajib memakai bawahan celana hitam kain [laki-laki] dan rok/celana hitam kain [perempuan], bagi yang berjilbab boleh memilih warna jilbab bebas.

Kemudian, peserta juga diberikan alat tulis kantor yang terdiri dari 1 buah tas totebag warna hitam dengan desain tulisan BLK Jember berwarna putih, 1 buah buku tulis bergaris, 1 buah pensil, 1 buah ballpoint, 1 buah rautan, 1 buah penghapus karet, dan 1 buah penggaris, alhamdulillah hehe...



HIDROPONIK!

Yup! Next! Sesuai judul, jadi, selama sekitar seminggu ini, kelas pelatihan kerja yang aku ikuti yaitu kejuruan mekanisasi pertanian ialah belajar membuat tempat untuk menanam hidroponik. Tentu terlebih dahulu dijelaskan singkat pengetahuan seputar hidroponik dan diceritakan pula kisah-kisah pengalaman Pak Mahmud selaku instruktur/pelatih di sini. Kemudian langsung dilanjutkan dengan praktik kerja. Pak Mahmud telah menyiapkan segala macam peralatan untuk membuat tempat hidroponik, mulai dari pipa paralon ukuran besar dan kecil, talang, lem, gunting, isolasi/plaster, lakban, gergaji besi, gerenda, alat bor, mur baut, penggaris, meteran, palstik, kain flanel, obeng, palu, kain lap, cat putih, ampelas, dan lain-lain.

Kami diberi pengarahan seputar ukuran tempat hidroponik pada umumnya. Kami juga mencari beberapa referensi di Youtube agar tahu beberapa jenis dan bentuk tempat hidroponik, detail ukuran, serta seperti apa cara kerjanya.

Kegiatan pelatihan kerja tentu saja terlebih dahulu diberi contoh dari Pak Mahmud, setelah itu para peserta yang melanjutkan kerja. Kami semua (16 peserta pelatihan) bekerja sama dan saling belajar memahami tentang pembuatan tempat untuk menanam tanaman hidroponik, mulai dari kegiatan memotong paralon dan talang, mengelem, mengampelas, menggergaji, mengecat, mengebor, dan lain sebagainya, kami semua berkesempatan menyaksikan dan melakukan secara langsung pengerjaan tempat hidroponik, seru cuy!

Teman-teman.... ternyata membuat tempat hidroponik tentu tidaklah semudah yang dibayangkan, buktinya kami ber-enam belas orang butuh waktu lebih dari 3 hari untuk benar-benar menyelesaikan tempat hidroponik yang siap pakai. Wuh! Meskipun saat awal, aku menganggap tempat hidroponik yang baru seperempat jadi sangat sederhana dan mirip dengan tempat untuk menjemur baju, ternyata proses selanjutnya agak mendetail dan rumit. Diperlukan ketelitian, ketelatenan, dan keuletan agar tempat hidroponik benar-benar bagus dan berfungsi dengan baik.




Eits!!!

FYI. Masih sama ya, selalu ada jatah makan siang, hm... yummy! :-D

Juga, setiap hari Jumat, jadwal masuk menjadi lebih pagi yaitu pukul 06.30 WIB, karena sebelum memulai pelatihan kerja di kelas dan bengkel masing-masing kejuruan, akan dilaksanakan terlebih dahulu senam bersama di halaman depan Kantor BLK Jember.

Sekian... terima kasih...

Semoga bermanfaat

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Alhamdulillah J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar