Follow Us @nila_zulva

Selasa, 19 Februari 2019

TES TOEFL UPT BAHASA UNIVERSITAS JEMBER | UMUM BOLEH IKUT?



TES TOEFL UPT BAHASA UNIVERSITAS JEMBER | UMUM BOLEH IKUT?

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hola, halo, hello, hi... gilani, hai... teman-teman... agenda menulis agak macet nih, ahaha...

Okay, karena baru-baru ini aku baru dapat pengalaman baru, hm... jadi aku akan membagikannya kepada kalian, tentu saja GERATIS ora bayar, he he he... sudah-sudah, ENOUGH!

SO! Because our topic is about TOEFL, I wouldn’t try to use an english language for this section, wkwk.. mumet! Yoh! Langsung aje!

Jadi teman-teman, buat kalian para mahasiswa-mahasiswi, khususon ila semester akhir yang sudah mulai dilanda penyakit kesetresan skripsi, jangan khawatir, karena beban stres kalian tidak hanya skripsi saja, tapi tolong ya... TOEFL nya juga dihitung, diingat-ingat, jangan diabaikan, diremehkan, apalagi terlupakan, haduh!

Yoh! Karena TOEFL juga penting! Karena menjadi syarat wajib dan mutlak untuk kalian segera cabut dari kampus tercinta ini. Bukan, bukan hanya masalah soal-soal tes TOEFL yang bikin perut mules dan muntah, tapi proses menunggu keluarnya pengumuman skor TOEFL yang lama, itu penting untuk diperhatikan!

Kasus yang telah terjadi dan perlu diambil hikmah dan pelajaran ialah, ketika kalian fokus ngerjakan skripsi, lancar jaya, dan sudah semhas [seminar hasil] serta sudah sidang juga, la ndilalah kalian kelupaan belum ikut tes TOEFL, waduh dek... alamat gak iso cumlaude

Atau begini, kalian sudah sidang dan sudah pula tes TOEFL, la ndilalah juga, pengumuman hasil skor tes TOEFLnya lama nggak keluar-keluar, nah pas keluar, eh ternyata skornya nggak lulus, sama gawatnya to?! Nah, maka dari itu, mumpung belum terlambat, segera mendaftar dan mencoba sebisanya mengerjakan tes TOEFL, perkara skor mencapai lulus atau tidak itu belakangan saja, OKEH? Next!

[foto lembar biodata]

DAFTAR TOEFL

Pendaftaran tes TOEFL dilakukan di Gedung UPT Bahasa Universitas Jember [lokasi tepatnya berada di depan Fakultas Ekonomi Universitas Jember]. Pendaftaran dapat dilakukan dengan membawa beberapa persyaratan seperti FOTOKOPI KTM dan membawa uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000. O iya, peserta tes bebas, tidak ada batas minimal harus berapa, mau tes sendiri juga bisa, dan peserta tes juga boleh dari umum atau bukan mahasiswa Universitas Jember.

Cara daftarnya, tinggal parkir dulu sepedah motor di parkiran yang sudah disediakan, lalu segera masuk ke dalam gedung, nanti begitu membuka pintu, kalian akan dihadapkan kepada receptionist. Disitu, kalian tinggal bilang saja kepada mbak atau ibu, izin mau daftar tes TOEFL. Setelah itu kalian akan disuruh menulis biodata dan tanda tangan di sebuah buku besar, kemudian kalian akan diberi selembar kertas yang harus kalian isi lagi dengan biodata lengkap [PERHATIKAN pas waktu ngisi]. Selanjutnya kalian kumpulkan lembar biodata tadi kepada mbak/ibu, lalu kalian akan diberi tanda bukti pembayaran dan disuruh membaca aturan tes TOEFL yang telah terpampang di sebuah papan di dekat meja receptionist.

FYI. PENDAFTARAN TIDAK BISA DIWAKILKAN
Pembagian kelas akan dilakukan secara acak, kalian tidak bisa milih sendiri. Tapi kalau sudah di kelas, kalian bebas milih mau duduk dimana.

WAKTU DAFTAR

Tes TOEFL dilakukan 2x dalam satu minggu, yaitu pada hari Rabu dan Jumat. Nah, kalian bebas mau pilih tes hari apa, tapi... aturan daftarnya begini:

Jika kalian tes TOEFL hari Rabu, maka kalian bisa daftar hari Jumat, Senin, atau Selasa
Jika kalian tes TOEFL hari Jumat, maka kalian bisa daftar hari Rabu atau Kamis

[foto aturan saat tes TOEFL]

TES TOEFL

Tes TOEFL dilakukan di Gedung UPT Bahasa Universitas Jember lantai dua. Di lantai dua akan ada beberapa kelas, nanti akan dipampang di pintu, kertas daftar nama pembagian kelas. Usahakan pas tes tidak telat! Tes dilakukan seperti biasa. Okay, sudah, selamat mencoba!!! Please jajal o garap dewe, ojo nurun, nyonto, nyontek, lan konco-koncone, oce?! J

PENGUMUMAN TOEFL

Pengumuman setelah tes TOEFL bisa dilihat di papan pengumuman yang berada di depan, sebelum pintu masuk Gedung UPT Bahasa Universitas Jember. Pengumuman skor akan keluar dengan waktu tunggu cukup lama, bisa sampai satu bulan baru keluar, makanya, jangan nunda tes TOEFL, okay! Nanti nggak nuntut waktunya buat acara tunggu menunggu kejelasan hasil tes

CATATAN

Jika kalian belum mencapai skor minimal di tes pertama, kalian bisa coba tes lagi, nanti biaya pendaftaran bisa lebih murah dengan SYARAT, bukti pembayaran sebelumnya jangan sampai hilang. Biaya tes selanjutnya setelah gagal di tes pertama dengan membawa bukti pembayaran sebelumnya yaitu Rp. 50.000.

Sekian, terima kasih

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Rasane garap tes TOEFL pengen muntah, HOEK!

7 komentar:

  1. Umum oleh melu y lur,,tapi monggoo gawe ktm,ktmku yo sik enek iki...hahhahaha

    BalasHapus
  2. kak itu toelf itp apa toefl cuma buat syarat wisuda ?

    BalasHapus
  3. Kalo syarat untuk kerja bs jg ka?
    Dan untuk umum persyaratan yg diberikan apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf setahu saya kalau dibuat lamar kerja sepertinya tidak bisa. :)
      kalau umum maaf saya kurang tahu ya, saran saya mending langsung datang ke gedung UPT Bahasa UNEJ untuk konsultasi

      Hapus
  4. Kak kapan di buka? Apakah dimasa pandemi ini tes nya onlen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak saya kurang tahu, mungkin bisa ditanyakan langsung ke UPT Bahasa UNEj

      Hapus