Follow Us @nila_zulva

Jumat, 05 April 2019

TIPS MENGERJAKAN TES TOEFL DAN SOAL BERBAHASA INGGRIS LAINNYA




TIPS MENGERJAKAN TES TOEFL DAN SOAL BERBAHASA INGGRIS LAINNYA J


Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Uh! Yeah! I am sorry for coming late... but I am sure and promise I will never stop making a post for this blog, got it?! Alright!

I have  some tips for you, it’s still about TOEFL

Next! I tired! Stop! I know that, so many mistakes in these words, but... what the hell, no one care! Yes!

Back to real life!

Jadi, teman-teman... hm.. sebentar, sadar kok aku, emang ya, tulisan ini kebanyakan gobes! Kagak penting banget! Langsung aja dah!

TIPS NGERJAKAN SOAL TOEFL!

WAIT! WARNING!

Nggak usah serius bacanya, aku ngasih tipsnya juga nggak terlalu serius kok [maksudku ya nggak tahu tipsnya bener apa nggak wkwk]. Oke? Aman? Lanjut!

BIAR AGAK MENGURANGI BEBAN ATAU BIAR MEMPERMUDAH SEDIKIT

Camkan baik-baik, hanya untuk mengurangi dan mempermudah, bukan menjamin kalian bisa jawab soal dengan enjoy dan lancar jaya, NO! Jadi begini. Bahasa Inggris adalah bahasa asing, bahasa internasional yang mau nggak mau harus kalian pelajari dan ketahui meskipun nggak seberapa tahu, hehe... Iya! Zaman udah serba canggih bray! Sadar atau nggak secara tidak langsung kehidupan kita sehari-hari kayak udah disisipi dengan bahasa asing everywhere. Sebagai bahasa penting internasional, maka lembaga pendidikan manapun nyaris semuanya mewajibkan peserta didiknya tuntas tes TOEFL dengan skor tertentu sebagai standar kelulusannya.

Nah, bagi yang nggak suka bahasa inggris, kesulitan dalam mempelajarinya, dan sudah sumpek banget karena nggak ngerti sama sekali maksudnya bagaimana? Atau mungkin yang parah, kalian bisa mual-mual hanya karena baca tulisan bahasa inggris doang? Dont worry! I have some tips for you!

Nyaut sama judul yang warnanya merah, bisa mengurangi dan mempermudah. Begini nih caranya, check this out!

SUKAI atau CINTAI BAHASA INGGRIS [belum bisa?]

DENGERIN ORANG NGOMONG BAHASA INGGRIS TIAP HARI! [masih belum bisa?]

Cari Lagu-lagu Berbahasa Inggris! DENGERIN TERUS, CARI LAGU SEBANYAK-
BANYAKNYA, yang kalian suka! [Gak doyan lagu barat? Hm... ]

Nonton FILM deh! FILM BARAT! Nonton sebanyak-banyaknya, bila perlu nggak usah pakai terjemah [wkwk... gimana?]

Intinya, kalian harus biasakan diri buat sering Mendengar siapapun ngomong bahasa inggris dan Baca tulisan-tulisan inggris.

KAGAK USAH BINGUNG DULU NYARI ARTINYA APA, OK!

Semua kegiatan yang sudah tak sebutin tadi, setidaknya minimal sudah bisa membiasakan mata dan telinga kalian sama bahasa inggris, nggak terlalu asing lagi, nggak sumpek lagi kalau denger orang ngomong inggris, perut udah nggak mual-mual lagi gara-gara baca tulisan inggris. Minimal buat perkenalan dulu! Yes!? Next step?! Opo yo?

PAS BINGUNG BANGET DAN MENTOK NGGAK BISA JAWAB!

Nah ini! Tips ini boleh kalian coba praktikkan, tapi jangan percaya 100% akan bekerja dengan baik. Ehehe... OK! Begini, ketika kalian sudah buntu, mentok! Nggak bisa jawab, nggak tahu sama sekali arti di soalnya apa? Nggak ngerti sama sekali maksud soalnya gimana? Nah! kalian harus memainkan instinc dan modal yang sudah kalian miliki [balik ke poin sebelumnya], maksud modal disini adalah mata dan telinga kalian yang udah terbiasa mendengar dan membaca bahasa inggris. TIPS ini dapat digunakan ketika bagian STRUCTURE di tes TOEFL.

Try this!

Meskipun kalian bener-bener nggak tahu arti soal itu apa, tapi coba aja baca soalnya, mainkan perasaan, kepekaan, dan instinc kalian, baca baik-baik dan dengarkan suara imajinasi kalian ketika membaca soal itu di kepala. Petunjuknya adalah, ketika soal dibaca, enak didengar nggak? Ada yang aneh nggak? Ada yang nggak biasa nggak? Ada yang risih atau nyantol-nyantol gitu nggak pas dibaca? Cocok nggak? Wkwk... kalian kalau peka, bisa aja ngerasa ada satu kata kayak kurang pas gitu, berarti kata yang itu bisa kalian pilih sebagai jawaban yang benar, tapi kebenarannya ya belum tentu benar, wkwk...

Gampangane, pas soal diwoco plus jawabane, kuwi penak dirungokne opo ora?

Nah! Kepekaan itu tadi ada hubungannya sama kebiasaan kalian kalau sudah sering dengerin atau baca bahasa inggris. Kalau kalian baca buku berbahasa inggris atau jurnal internasional kalian pasti akan terbiasa dengan susunan kata atau kalimat yang dipakai meskipun nggak tahu artinya, dan positifnya mungkin kalian sendiri nggak sadar bahwa kalian sebenarnya sudah sedikit mampu dalam mengetahui seperti apa susunan kalimat bahasa inggris yang benar. Begitu pula ketika sering mendengar percakapan bahasa inggris, kalian akan terbiasa terhadap kata-kata apa saja yang sering diucapkan, bagaimana susunan kalimat yang biasa dipakai, seperti itu!

BIAR LANJTAR DJAJA PAS NGERJAKAN TES TOEFL

Ya Belajar lah! Pake nanya, gimane si lu?! Itu para masyarakat tukang jualan buku, toko buku, ngapain jualan buku yang judul bukunya biasanya “kunci sukses mengerjakan tes TOEFL” kalau nggak buat dibaca, dipelajari, terus diterapin buat tes TOEFL biar lolos? Hm... aneh... ya... ini hukum alam teman-teman, kalau mau enak ya kudu belajar, semua juga tahu kan, anak TK ditanya juga pasti tahu. Kan udah banyak tuh tulisan, lambe-lambe, dan siapapun pihak yang ngomong, bahwa, semuanya butuh proses dan belajar/pembelajaran, ya udah, emang itu kunci utamanya, ngapa repot? Ehehe...
Ya kalau mau enak, bener-bener lanjtar djaja ngerjakan soal pas TES TOEFL mah, ya... selain tips yang sudah kujelasin sebelumnya, ya yang paling ampuh itu, banyakin ngerjakan soal-soal latihan, udah!

LAST TIPS

Doa yang banyak sama sholawat yang banyak, biar Sang Pencipta Ridho buat lulusin lu pas tes TOEFL. J

Sekian, terima kasih

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Aku pisan ngerasakne koyo arep muntah bar garap tes TOEFL, HOEK!
Sinau terus, terus sinau!
I apologize for everything, terima kasih atas pengertiannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar