Follow Us @nila_zulva

Selasa, 23 Januari 2018

GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) / SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFI)


Sumber: https://technofaq.org/wp-content/uploads/2017/07/GIS_models.png

GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) / SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFI)

Assalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahim

Welcome to the jungle... oh no, welcome to my blog! J

Alright guys! Here I am, I wanna tell you about GIS, specially for my friend, even I don’t really know about you, but for you that study at Agricultural Engineering, Faculty of Agriculture Technology, University of Jember. So, kalian, adik tingkat, cie... eh, buat kakak tingkat juga yang mungkin nyempetin baca atau get lost to my blog yang ala kadarnya ini, hehe.... alright! Jadi begini, sebenarnya sudah dari awal niat buat blog itu isinya ya, buat sharing segala hal termasuk khususon ila materi kuliah. Selanjutnya, berharap entah kakak tingkat yang terhormat dan adik tingkat yang gw banggakan atau sodara-sodara sebangsa setanah air atau sebeda tanah beda bangsa, bakal baca tulisan ini, dan berharap juga bisa memberi hiburan, manfaat, inspirasi, petunjuk atau pencerahan mungkin? Atau malah pusing baca pembukaan ini? Hm.. whatever! Buat adik tingkat juga supaya menemukan jejak yang lurus menuju harta karun, eh! Gambaran mata kuliah maksudnya.

*GIS/SIG

Okay, agak bingung juga gw sebagai penulis yang sebenarnya sudah menempuh mata kuliah ini, yeah! Of course! Gw bingung harus mulai darimana, because... you know what! Doeloe.. iya, pas semester 4, gw paham bener tentang GIS dan segala keribetannya, eh tapi sekarang, everything about it was gone! I can’t remember clearly! Really! But, I’ll try, alright! Apa sih yang nggak buat kamu... eh, kalian... LOL. Jadi... GIS atau SIG merupakan mata kuliah yang biasanya ditempuh oleh mahasiswa jurusan teknik pertanian di semester 4 (UNEJ Student). Pengertian lengkap tentang GIS/SIG bisa kalian cari sendiri ya, di buku atau internet. Yup! Intinya sih, GIS/SIG itu mempelajari tentang peta/mapping! Udah! Itu aja, yang diutak-atik sampai pusing ya per-petaan itu!

*DOSEN dan ASISTEN DOSEN (ASDOS)

GIS! Ada satu dosen yang mengajar mata kuliah ini plus beberapa asisten dosen (asdos). Dosen? Seperti apa? Dosen GIS itu... beliau enakan sebenarnya, tidak mempersulit, dan murah nilai, hehe... impas! Ibaratnya gini, kalian menghargai beliau, maka kalian pasti dapat yang kalian mau dengan mudah? Apa? Nilai? Hm.. gampang! Seriously! Okeh, intinya Bapak Dosen GIS tercinta adalah tipe dosen yang setimpal ngasih kalian nilai bagus atau nggak, yah... ibaratnya tergantung amal lah, hehe...
ASDOS! Asdos GIS ada beberapa, lebih dari 3 mungkin?! Sama kayak bapaknya, eh! Bapak dosen maksudnya, asdos GIS ini juga baik-baik kok, tidak mempersulit intinya. Yeah! Yeay! Seneng kan! Jadi, intinya sih simpel aja, just do what must you do! Alright! Asdos ini bakal bimbing kalian kok, satu-satu! Ya kalau kalian nggak paham, tanya aja langsung ke asdos nanti bakal diajarin, sumpeh!

*APLIKASI/APPLICATION FOR YOUR BEST FRIEND (YOUR COMPUTER)

Alright! Guys! Kalian itu udah jadi anak teknik lo, iya! Bener! Kan udah jelas juga namanya TEKNIK pertanian! Gelar lulus juga udah S. T. Nah! Buat kalian mahasiswa jurusan yang ada kata Technique nya, harus siap-siap punya laptop tahan banting, yeah! Wajib hukumnya! Bukan sunnah atau makruh! Because what?! Nanti bakalan ada acara instal menginstal some applications yang agak berat. So, biar memudahkan kalian juga, laptopnya nggak harus mahal kok, yang penting kualitasnya bagus aja, hehe...
                So, this is some applications yang wajib kalian instal di matkul GIS ini.
#EGMD = Easy Google Maps Downloader >>> Jadi aplikasi ini bakal berguna buat kalian download peta yang kalian butuhkan, dah! Gitu aja explanation nya. Intinya gitu.
#ARC GIS/Q GIS >>> itu aplikasi yang ibaratnya bakal jadi tempat kerja kalian, tempat utama yang dipakai buat full editing tugas kalian. Yeah!
#MAPWINDOW and GOOGLE EARTH >>> gw lupa ini dipakai apa nggak, tapi... dua aplikasi ini ada dalam berkas memori gw pas semester 4. Boleh kalian simpan di laptop, kali aja butuh. Yuhuu.
                Okeh! I think that’s all, jadi itu beberapa aplikasi yang kalian butuhkan untuk matkul GIS. Sebenarnya, menurut gw, GIS ini hampir sama dengan matkul PSL atau Irigasi, yah... 11/12 lah, soalnya yang diolah itu tentang perpetaan, cuma ya tetep ada bedanya lah, tapi ada juga samanya, dikit, hehe... mudeng po ra? Nek ora yo wes, Oiya! FYI! NOTE!!! Cara nginstal aplikasi di atas itu juga dibimbing sama asdos ya, soalnya agak ribet juga pas instal pertama, kecuali kalian sebelumnya udah pernah, ya... monggo.... mandiri... good!



*KULIAH/PRAKTIKUM?!

Nah, matkul GIS nanti bakal diajar sama bapak dosen dan asdos, kiranya mungkin 50%/50% porsinya. Okey! Di matkul ini, selain kuliah face to face in your class, kalian juga bakal ada agenda praktikum lapang, yah... praktiknya dikit aja sih, mungkin 1x atau... 2x maksimal. Tapi nggak jauh dari kampus kok, paling cus 10 menit udah nyampek di lokasi. Alright! Nah! (lagi), kuliah GIS waktu di kelas, ya.... biasalah, diajar sama dosen, dijelasin materi, teori dan bla, bla, bla... everything about GIS, selain itu, nanti kalian bakal diajari juga utak atik aplikasi ARC GIS di kelas juga sama asdos. yeah! Next!
Ngapain aja pas praktikum??? Nah! (3x gw nyebut nah ya, wkwkk) praktikum kalian bakal mainin GPS, sama Drone! Uwau! Seneng kan lu pada! Ni yang laki pasti, udah sumringah kalau denger kata tadi! Iya, yang tadi! Hehe... duh, GJ kan! Lanjut! Jadi, kalian satu kelas bakal dibagi beberapa kelompok, nah tiap kelompok bakal kebagian bawa GPS. Kalian bakal jalan-jalan cantik sambil digit pakai GPS, ada juga sebagian nanti jalan-jalannya muter-muter gumuk pake drone sama GPS, hehe... intinya nih, kalian itu ngambil data, what data? Datanya yang titik-titik hasil digitan GPS kalian tadi lo, itu yang bakal diolah di aplikasi ARC GIS. Paham?! Oyi!
Okay, ada bonusnya nih, kenang-kenangan, hm... iya, gitulah! Kan ada drone tuh, ntar selesai praktikum kalian akan dikasih kesempatan buat ngompakin temen kalian satu kelas terus nyusun formasi sesuka kalian, kalau zaman gw dulu formasinya bentuk tulisan TEP C gitu, hehe... FYI! Gw dulu kelas C. Udah! Seneng kan, happy kan, mudah kan, iyalah tinggal baris doang. Nah (4X!) ntar kalian bakal di record jadi video pakai drone tadi, wih, keren dong, lumayan kan... ntar bisa upload di IG, dan medsos yang lain, hm... dasar kids zaman now, pikirannya medsos mulu! Uh..!

*APA LAGI? UDEH! ITU AJA bahasan tentang GIS

Alright! Attention please...! WARNING! For you guys! Jangan sampai kalian nggak ngumpulkan tugas ya, that’s very important! Because what?! Satu aja tugas kalian nggak ngumpul, itu bakal ngaruh banget sama nilai kalian, bisa-bisa kalian bakal dapat C, noh! Ngulang tahun depan. And... FYI juga, dosen GIS nggak nerima and he don’t care about SA/SP! Kagak ada acara semester pendek atau semester antara, jadi beliaunya hanya mau nerima ya ngulang sama adik tingkat, mantap kan?! Jadi, jangan sampai segala tugas-tugas matkul GIS kelewat satu pun! Cek!
Okay, may be that’s all, and it’s enough, keep spirit buat kalian pejuang S.T!
Jangan lupa kekompakan kelas kalian! Kerja bareng! Lulus bareng! Salam coret!

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh



By: NZR
Semoga bermanfaat yak! J

Jika kalian masih nggak paham tentang penjelasan yang emang agak campur-campur kayak es campur itu, kalian boleh tanya-tanya lagi, bisa komen tulisan ini atau hubungi via medsos di blog ini, udah ada kan, klik aja link di tulisan FB, IG, atau TWITTER di dinding sebelah kanan. Yuhuu.. thanks kunjungannya... have a nice dream...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar