Follow Us @nila_zulva

Kamis, 22 Agustus 2019

PENGALAMAN IKUT PELATIHAN KERJA BLK KAUPATEN JEMBER [Episode 1]


PENGALAMAN IKUT PELATIHAN KERJA BLK KAUPATEN JEMBER [Episode 1]
Tulisan ini FRESH! pengalamannya berlangsung tadi pagi, huehehe

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Langsung aja ya...

Jadi, belum lama setelah tulisan ini terbit, ada pengumuman lowongan pelatihan kerja dari BLK Kabupaten Jember. Keterangan bisa langsung cek gambar berikut.



Nah! sebenarnya aku kurang tertarik untuk ikut program itu lur! Karena sekarang ini, aku sedang agak pusing ngerjakan skripsi yang awalnya kukira sudah kelar, beres, dan tanpa tambahan ini itu, ternyata salah! Nyatanya ada begitu banyak rombakan yang cukup mengguncang otak kanan dan kiriku. Alhasil, hasrat mengikuti pelatihan BLK jadi ogah-ogahan, karena takut skripsiku kembali mengalami mati suri, ya jangan dong! But! Ketika masa pendaftaran sudah berlalu alias batas waktunya sudah habis, tiba-tiba aku mendapat kabar dari temanku yang sudah daftar duluan. Pada salah satu cabang bidang pelatihan kerja yang ditawarkan ternyata masih kekurangan peserta, jadi aku ditawari untuk ikut yang ke dua kali. Wih! Entah mengapa aku jadi agak tergiur dan tertarik lagi pengen ikut, yo wes! Modal nekat dadakan, pokoknya langsung daftar via online lewat WA ke admin panitia, ehe!

Nah! di sini, aku agak bingung, karena ketika aku sudah daftar via WA, si admin tidak merespon sama sekali, tanpa balasan apapun, la aku kan jadi bingung to! Ini gimana kejelasan dan kelanjutannya?! Keterima atau tidak? Soalnya aku juga belum mengirimkan berkas persyaratan pendaftaran. Karena tak kunjung dibalas dan tak jelas, ya sudah tak biarkan saja. Ehhh! Pas aku daftar via WA itu, ternyata sudah resmi menjadi pendaftar, jadi, aku harus nunggu pengumuman tanggal 19 Agustus untuk tahu keterima apa tidak menjadi peserta resmi pelatihan kerja BLK.

Jadi begini kawan-kawan, untuk menjadi peserta pelatihan kerja BLK ternyata ada seleksi berupa ujian tulis dan interview, dan ada agenda pengumuman lolos atau tidak lolos. But, sayangnya aku tidak bisa menjelaskan bagian ujian ini karena aku tidak menjalaninya, ya karena tadi... adanya kesempatan emas menjadi peserta langsung lolos tanpa tes akibat kondisi kekurangan kuota, huehehe, mantul!

Next, setelah menunggu beberapa hari, sejujurnya, niatku untuk ikut pelatihan kalau dipersentase tidak lebih dari 10% alias walaupun tidak lulus ya gak apa-apa, malah alhamdulillah, hehe... but! Tidak ada hujan tak ada angin tak ada panas. Tanggal 21 Agustus malam hari, la kok aku mendapat kabar bahwa aku keterima menjadi peserta resmi pelatihan BLK, bukannya “alhamdulillah” aku malah mengucap “waduh!” Saat membaca pengumuman bahagia itu pertama kali.

Ya! tentu aku terkejut, tak menyangka, dan agak panik sedikit. La gimana?! Perkiraanku 1000% nggak akan lolos, eh tiba-tiba terbalik 360 derajat, lolos bray! Dan ndilalah keesokan harinya sudah ada agenda pembukaan di Kantor BLK Kabupaten Jember, dan peserta yang lolos harus wajib hadir. Padahal, seelumnya aku sudah merencanakan untuk bertemu dosen pembimbing buat konsul perkara skripsi yang bikin puyeng kepala di hari yang sama. Haish!

Oke, perkara skripsi tak singkirin dulu untuk sementara, karena kalau tak pikir-pikir... ya sayang sekali kalau kesempatan pelatihan kerja ini tak lewati begitu saja, ya kan! Yo wes! Dal! BLK Jember!

PEMBUKAAN DAY 1

Waktu berangkat aku masih ada rasa tidak percaya kalau keterima, dan agak bingung sedikit, la aku nggak tahu apa-apa, cuma ngikut temen aja yang sudah tahu informasinya, ehe! La gimana, berkas persyaratanku saja belum kelar, ngeprint foto belum, fotokopi KTP juga belum, rasanya seperti peserta abal-abal, hehe... tapi gak opo-opo lah! Pokok e budal lan niat golek ngilmu!

Oke! Sampai! Pakai baju hitam putih seperti yang diperintahkan, seketika serasa menjadi mahasiswa baru yang ber-ulah di hari pertama, bukannya ke kampus buat ospek malah ngeluyur ke BLK, hehe.. [soalnya waktu itu barengan sama agenda MABA masuk kampus baru]

Tahu nggak, nggak tahu kan?! Makanya ini mau tak kasih tahu! Wkwk opo sih?!

Jadi, begitu sampai di kantor BLK, aku dengan santainya menunggu acara pembukaan dimulai. Wajahku ringan serasa berseri-seri, perasaanku lumayan bahagia, karena bakal menemukan hal baru dalam hidupku wkwk... dalam otakku sudah terbayang bakalan duduk manis di kursi empuk, dikasih konsumsi, terus tinggal pasang mata dan kuping buat mendengarkan lantunan ceramah indah dan bermanfaat dari panitia BLK, tapi.... beberapa menit kemudian, what’s happening?!!!

Zonk! Salah besar!

Aku itu nggak sarapan, cuma minum energen 2 bungkus, dan statusku masih tergolong sakit, aku sudah tahu betul tenagaku akan cepat habis kalau kepanasan lama-lama, seperti hp yang baterainya ngedrop alias lowbat. La kok ternyata pemirsa! Agenda pembukaan hari pertama tidaklah semulus imajinasi indahku, justru acaranya ialah PBB alias baris-berbaris yang dijemur di lapangan mini, bermandikan sinar matahari pagi yang luar biasa terang dan panasnya, aku tahu itu sehat, but! Kagak kuat bray!!! Aku sedikit terkejut dan tentu tidak siap dengan acara olah fisik seperti itu, dan.. benar! Belum selesai acara hadap kanan, kiri, balik kanan, hormat grak! Istirahat di tempat dan lencang kanan, aku buru-buru melambaikan tangan tanda menyerah, selanjutnya langsung melipir menepi mencari tempat yang teduh. Huh! Sambil menyeka keringat di kening.

La kok ngene?!

Oke, jadi PBB itu tadi dimaksudkan untuk melatih fisik, kedisiplinan, keadilan, dan kebersamaan, itu kata bapak-bapak pelatih tadi.

Dan agenda keesokan harinya, alhamdulillahnya, sudah beda lur! Diumumkan bahwa pembukaan hari ke dua, itu berada di dalam ruangan dan tidak kegiatan fisik lagi. Yeay!

Oke sudah cukup

Next episode tak ceritakan lagi hehe

Sekian, terima kasih

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Lumayanlah, ikut acara baru kayak gini bisa bikin jantungku merasa deg-degan mau copot lagi, hehe
Suip!

4 komentar: