Follow Us @nila_zulva

Rabu, 11 Oktober 2017

DI DALAM SEBUAH MUSIK | INSIDE OF MUSIC


DI DALAM SEBUAH MUSIK | INSIDE OF MUSIC

Next! 26 Juli 2017
          Ah... malam ini aku sedang duduk bersila di teras rumah. Angin malam was wus... brrrr! Adem bro and sist! Tapi meski agak menggigil, tetep menikmati banget kok, soalnya lagi download video idaman pakai wifinya tetangga, hehe... maaf ya, tapi bukan buat keburukan kok, tenang... o iya, kali ini aku mau bahas tentang musik. Pasti semua manusia suka musik kan ya? Yang nggak suka musik aku saranin perlu periksa ke dokter, mungkin ada yang salah? Hehe... just kidding! Soalnya aku pernah lihat, orang gila aja ada yang doyan sama musik masa yang waras kagak?
        Jadi begini, musik itu banyak jenisnya, alirannya. Ada dangdut, keroncong, akapela, jazz, hip hop, pop, rock, hardrock, RnB, klasik, Rege (eh, rege tulisannya bener begitu apa bukan?), country, metal, dan lain-lain. Nah, dari semua jenis musik pastinya setiap orang memiliki nafsu menikmati jenis musiknya sendiri-sendiri, betul? (BTW, ini aku sambil ngecek video yang sedang terunduh, barangkali aja wifinya putus, kan rugi, hehe) oke, lanjut! Tapi reader, kalian pastinya juga punya alasan kan kenapa kalian suka banget jenis musik tersebut? Entah karena vokalisnya, aliran musiknya yang kalem atau keras, penampilan penyanyi dan bandnya yang nyentrik, komposisi musik, irama, instrumen, dan lain-lain. Cek unduhan dulu ya, bentar, hehe...

        Next! Nah! Sebenarnya aku hanya manusia biasa, iyalah! Maksudnya, sekarang ini aku hanyalah seorang mahasiswa eh mahasiswi, bukan pemusik, aku tidak bisa memainkan alat musik dengan lancar, pun dengan bernyanyi, kalian yang pernah mendengar aku bernyanyi, berarti itu bisa kalian sebut sebagai anugerah yang luar biasa, hehe... soalnya suaraku nggak akan pernah keluar kecuali pada saat-saat terdesak, maklum, aku sadar kok kalau suara saya itu tak pernah tak merdu, haha... just kidding! Oke, meskipun aku tak pandai bermain musik atau menyanyi, namun aku merasa... aku cukup menikmati sebuah musik itu dengan detail, I mean... ketika mendengar musik dan aku menyukainya, alasanku bukanlah karena sang vokalis yang eyecatching atau genre musiknya, namun lebih ke komposisi musik, yah, mungkin bisa kusebut seperti itu. (aku hanya sharing pemikiran, jangan artikan yang lain ya, please!) thanks!
      Let me explain, sebelumnya, FYI, aku akan menjelaskan dulu tentang musik favoritku. Jujur, Penampilan sama musik favorit bener-bener kayak bumi sama langit, nggak nyambung sumpeh! Semenjak dahulu kala, tepatnya mulai dari jenjang pendidikan TK, MI, MTsN, MAN, sampai perguruan tinggi negeri, semua orang pasti akan mengatakan kalau aku ini seorang gadis yang kalem dan pemalu, namun! Penilaian itu akan jomplang begitu kalian tahu selera musik yang kusukai. Aku suka musik yang nge-beat alias bukan slow atau yang melow mendayu-dayu gitulah. Malah yang jenis Rock and Hardcore music itu masuk dalam musik yang sering aku dengarkan. Jujur, sebuah lagu yang didalamnya memainkan banyak alat musik, itulah yang kusuka karena menurutku lebih indah dan ramai, hehe...
         Nah that’s enough! Ketika mendengar musik, aku akan memecah, mendengar dulu satu persatu suara alat musik yang menyusun suatu lagu tersebut, plus suara penyanyinya! Misalkan gitar, telingaku akan menangkap suara gitar yang dimainkan, seperti apa? Nada-nada yang dipetik dari gitar itu? Keindahannya? Iramanya? Next! Drum, drum ialah alat musik pukul, ketika suara pukulan drum begitu meriah, artinya memiliki gaya pukul yang variatif dan rapat maka akan memberikan efek yang semangat dan heboh. Selanjutnya, biola, nah biola menurutku biasanya identik dengan alat musik yang mengisi sebuah orkestra, suaranya halus dan ringan hehe... I think like that. Satu lagi! Biola juga sering digunakan sebagai latar musik yang membawa hasrat sedih dan mengundang tetesan air mata, right!? BTW, biola ialah salah satu alat musik favoritku, jadi, jika suatu lagu ada suara biolanya, bisa jadi aku akan langsung suka. My oppinion, suara biola yang dramatis bisa membawa sentuhan kesan kalem dan rapih pada sebuah musik genre apapun, rock or hardcore sekalipun.
        Next! Jenis gitar bass, nah gitar ini hampir wajib ada pada suatu band. Menurutku, gitar bass ibarat penggaris saat kita menggambar sebuah garis. Suara gitar bass yang dominan dengan dengung-mendengung akan memberikan efek rapi pada suatu musik karena seperti mampu meredam dan menutupi suara alat musik lain yang mungkin agak cempreng bernada tinggi. Yah... seperti penggaris tadi, ketika kita menggambar dengan bantuan alat penggaris tentu akan menghasilkan garis yang lurus dan rapi bukan?! Nah, itulah gitar bass. Suara melodi gitar bass yang lincah juga bisa menjadi salah satu unsur alat musik yang menarik saat didengar.
         Keyboard or piano ialah alat musik yang tergolong mudah untuk dipelajari, sebenarnya. Sama seperti biola suara piano yang ringan menurutku juga memberi kesan musik yang calm and fresh. Piano juga termasuk salah satu alat musik yang mampu membuat pendengarnya nyesek alias nangis. Oiya dentingan nada-nada piano yang merdu biasanya akan menyuarakan melodi yang berfungsi untuk mengiringi suara vokalis, fungsi lain juga bisa membawa sebuah irama cerita dari suatu musik lewat nada-nadanya. Alright, the points is... alat musik yang dimainkan dengan variasi nada dan melodi yang rapat akan menghasilkan suara yang indah dan maksimal. That’s it.
         Vokalis alias penyanyi, ini bukan alat musik ya, hm... alatnya ya.. mulut kita, dan hasilnya ialah suara kita. Tentu vokal biasanya akan menjadi poin pertama ketika kita mendengar suatu lagu, penentu kita tertarik atau tidak untuk mendengar. Suara yang indah, kesesuaian suara dengan musik, tempo, penghayatan, kata-kata dalam lirik, atau nada-nada yang digunakan, serta variasi cengkok akan diperhatikan dalam vokal. I think, penyanyi yang sukses ialah penyanyi yang tidak hanya bersuara merdu dan pas saat bernyanyi, namun yang bisa membuat pendengarnya masuk menikmati musik serta terasa tenggelam dalam alunannya, that is the success singer. Hehe...
       Nah, ketika keseluruhan alat musik dan sang vokal tergabung menjadi satu, tentunya akan menjadi satu kekuatan penuh yang luar biasa, bagai power ranger or optimus prime yang berubah saat menghadapi musuh utamanya. Decak kagum tentu tersemat dalam diri kalian kan saat melihatnya, hehe... kok GJ ya? Lanjut! Seperti yang sudah aku katakan, variasi nada dan melodi dari masing-masing alat musik yang dimainkan akan menghasilkan suara musik yang sangat menarik dan mengesankan. Ditambah karangan lagu dan suara vokal yang amazing akan membuat sebuah lagu tak kan termakan oleh zaman. Ngetop dan ngehits sampai generasi ke generasi dah.

           Nah, lagu yang bagus, menurutku, ialah sebuah gabungan suara musik yang mampu membawa sebuah kisah didalamnya. Nada-nada musik akan melantun mewakili sebuah cerita yang tersaji, sedangkan vokalnya akan mengantar lengkap dengan penghayatan yang pastinya memperkuat kesan cerita yang apik. Sebuah lagu biasanya tersusun dari beberapa bagian yang pada akhir-akhir akan diulang dua kali serta akan ditambah penguatan-penguatan dibagian penutup. Nah, menurutku, lagu milik band aliran hardrock macam Bring Me The Horizon yang berjudul it never ends or band Alesana dengan lagunya yang berjudul The Thespian merupakan salah dua lagu yang mampu membawa unsur kisah didalamnya. Variasi istrumen dan melodi yang dimainkan mulai dari awal hingga akhir lagu telah membawa pendengar menikmati tidak hanya suara musik namun juga alur ceritanya. Apalagi lagu it never ends versi Live at the Royal Albert Hall yang dikombinasikan dengan musik orkestra lengkap dengan paduan suara. Wah! Mantap! Meski tergolong musik keras, namun tetap nikmat didengar.

By: NZR
Sebenere durung sampe, tapi terlanjur ilang ning tengah dalan, dadi cukup sekian
Salam Coret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar