Follow Us @nila_zulva

Kamis, 19 Oktober 2017

KUPU-KUPU VS KURA-KURA



KUPU-KUPU VS KURA-KURA

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh
     Good night everyone... berhubung disini saya nulisnya habis isya’ alias malam, jadi salam pembukanya pake good night. Sudah siap sambil duduk bersila diatas tikar busa tipis bergambar kartun Winnie The Pooh yang lucu! Ceritanya lagi malam Jumat-an free in the Kos, without tugas kuliah, quality time for my blog... J Next! Okay! Tulisan ini akan membahas tentang kura-kura dan kupu-kupu! Eits!!! Itu hanya kiasan aja ya... bukan hewan real-nya yang mau dibahas, tapi arti dibalik kiasan itu.
       Tahukan istilah kupu-kupu di dunia perkuliahan? Tahulah, atau jangan-jangan reader yang lagi baca pelaku si Butterfly ini, haha... atau mungkin yang satunya? Si kura-kura? Hm.. singkat paragraf! Butterfly dalam perkuliahan biasanya disematkan pada mereka yang aktivitasnya selama kuliah itu simple alias nggak neko-neko, nih! Kuliah Pulang-Kuliah Pulang! Tahukan?! Next! Yang satunya ialah si Turtle alias kura-kura alias lagi kuliah rapat, mereka agak berkebalikan dengan si Butterfly, disamping kuliah, Turtle suka banget tuh keluyuran, entah ke sekret UKMs (why with s? Karena jamak, alias UKM-UKM, lebih dari satu ya... J), cafe, alun-alun, sampai mall/market.
          The important question is... which one the best between them? I think... kebanyakan dari kalian bakal jawab si Turtle lah yang terbaik, tapi... ntar dulu! Belum tentu dong, kan setiap individu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, so... kita bahas satu-satu!

*BUTTERFLY

Singkatnya, butterfly = kupu-kupu = kuliah-pulang (kuadrat). WHY?
           Menurut survey (Penulis)... persentasi antara jumlah mahasiswa butterfly dengan turtle kurang lebih sama (butterfly: 30%, turtle: 30%, dan golput (combination between butterfly and turtle): 40%). Rata-rata, sifat dan sikap butterfly student itu... rajin (kuliah dan tugas) dan malesan (aktivitas diluar kuliah yang sifatnya kayak ekskul). Why? Mereka itu simple, memiliki tujuan yang jelas! Sebagai mahasiswa rantau khususnya, tujuan pertama mereka tentu adalah kuliah lulus tepat waktu (iyalah!) plus dapetin IPK tinggi! Nah! Meskipun pas otw di kuliah itu ketemu sama activity-activity like, UKM, Competitions, dan kegiatan-kegiatan lain yang seru, menyenangkan, dan bermanfaat. But! They are, (the butterfly) bakalan nge-respon tidak tertarik alias ignore gitu aja. Alasannya ya... males, tugas banyak, nggak ada waktu, banyak deadline, mager (malas gerak), dan alibi-alibi yang lainnya.
Butterfly ini rajin banget ngerjakan tugas, saking rajinnya mereka sempet tuh nulis daftar deadline tugas in the special book. Mereka juga perhatian banget sama nilai yang anjlok (padahal Cuma 0,0...). Mereka bakal pusiang banget alias gupuh kalau dikejar deadline apalagi disambi sama ngurus kegiatan UKM (ah! Ogah! Males! Ribet!). Mereka takut telat lulus, apalagi nyandang gelar mahasiswa abadi (amit-amit). So, se-simple itu! Kuliah, full attention for teacher, finish, go home, do the homework, finish, sleep, wake up, back to campus, full atten.... (bla, bla, bla) muter terus siklusnya kayak gitu.
           Boring ya? Padahal real butterfly is look so beautiful! Right? But! Butterfly student, mereka punya kelebihan kok. Ya... dari kesungguhannya menuntut ilmu di perkuliahan, tentu berbeda dengan turtle student. Mereka (butterfly) lebih paham dan nyaut tentang segala materi kuliah. Mereka lebih tepat waktu dan teratur, sehingga lebih sehat, karena jam tidur lebih terjamin. Mereka juga nggak bakalan dapat gelar mahasiswa abadi, mereka bakal lulus duluan, bikin ortu bangga lebih dulu dengan IPK yang bisa lebih bagus daripada si turtle.
         But, buat kalian yang jadi butterfly student. Ya... maksimalin jadi butterfly-nya. Jangan setengah-setengah! Mungkin kalian agak minder kalau dibilang nggak gaul! Cemen! Apaan mahasiswa kupu-kupu?! Nggak guna! Dan, bla, bla, bla... nggak penting! Kalian bisa kok membuktikan bahwa kalian juga bisa lebih hebat dari si turtle! How? Ya dengan jadi real butterfly! Kalau memang kalian se-simple itu, kuliah terus pulang, it’s okay my friends! Kalian bisa maksimalin belajar ilmu selama kuliah, pokoknya semaksimal mungkin! How (again)? Ya dengan...
a.       Aktif di kelas
b.      Aktif ikut kompetisi keilmiahan
c.       Mengajukan diri menjadi asdos
d.      Memasang target capaian IPK 4
e.      Akrab sama dosen
f.        Rajin ke perpus
g.       Serius pas praktikum (kalau perlu bikin tutorial ulang di youtube J)
h.      Time control yang teratur (tepat waktu)
i.         Dan... bla, bla, bla,
           Pokoknya cemplungin diri kalian ke dunia perkuliahan sedalam-dalamnya! Meskipun kalian tidak minat nyemplung ke UKM atau ORMAWA atau... another, setidaknya kalian punya modal kecerdasan ilmu pengetahuan yang benar-benar tidak diragukan. Pengalaman dan kemampuan hardskill bisa kalian dapat pas waktu ikut perlombaan. Kalian bakal belajar ngomong in front of public by presentasi saat lolos final competition.

So, kalian butterfly student jangan minder sama sindiran turtle student, you also have special thing on you!

Salam Coret!
to be Continue
By: NZR
Tulisan di atas sekedar corat-coret (opini)
boleh setuju atau tidak
plus! Boleh banget dikomen, monggo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar