Follow Us @nila_zulva

Senin, 20 November 2017

Tangis dan Adzan


Tangis dan Adzan

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh
                Hola... the girls and the boys yang pasti punya hati dengan sisi kebaikan yang luar biasa! J Okay... kali ini aku mau bahas tentang adzan dan tangis. Mungkin kalian bertanya-tanya tentang topik ini, hubungan keduanyakah? Bagaimana? Atau... apanya yang mau dibahas? Nah! Sebelumnya, aku pengen tanya sama kalian the readers! Pasti pernah dengarkan adzan dong? Iyakan, iyalah! 5 kali sehari kan, pasti suara adzan akan berkumandang dan saling sahut-sahutan, eits! Kecuali kalau kalian sedang tidak bernafas di tanah air tercinta Indonesia ya, hehe... kemungkinan denger adzannya nggak sampai 5x sehari.
                Okay! Next! Adzan, secara umum merupakan suara panggilan untuk kita (umat manusia yang beragama islam) agar segera melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Suara adzan diawali dan diakhiri pula dengan kalimat takbir. Adzan biasanya dikumandangkan dengan speaker and sound system biar kedengeran ke seluruh penjuru area yang bisa dijangkau gaungan speaker. Zaman now gitu ya, sarana dan prasarana sudah complete! Jadi, suara mulia dan terpuji dari adzan dapat didengarkan oleh berjuta-juta pasang telinga diseluruh dunia! GERATIS pastinya! Alhamdulillah... but! Kadang kala, atau... sering (astaghfirullah...), meskipun telinga fungsinya dan memang sempurna berfungsi untuk mendengarkan, tiba-tiba tidak sadar atau tidak digunakan untuk mendengarkan ketika suara adzan sedang terbang di seluruh penjuru langit. Entah sedang asyik dengerin musik, sibuk main android, masih menikmati makanan, atau yang lain-lain. Nggeh nopo mboten?
                Jujur kacang ijo lo, aku sendiri kadang juga begitu (astaghfirullah...), masih tenggelam nyaman dengan activity dunia yang kebanyakan tidak penting itu. But! Coba deh kalian dengerin pas adzan sedang koar-koar dengan khidmat, can you feel something? Something special? Okay! Gini, islam itu dikenal sebagai agama yang penuh kedamaian, kata orang-orang baratpun begitu (itu pendapat dari hati mereka yang paling bubur, eh jujur!). Mereka mengakui kok, lantunan ayat-ayat suci Al-QuranulKarim termasuk adzan dapat langsung menentreamkan jiwa dan raga, bikin adem dan tentrem. You don’t believe it? Cari dah di Pak De Youtube, banyak kok survey ke bule-bule yang diperdengarkan suara ngaji dari Al-Quran terus mereka manggut-manggut setelahnya, karena merasa lebih tenang dan damai hatinya, eak!
                Okay! Itu seputar adzan ya, nah! Dimana pembahasan tangis-menagisnya?! Wait! One step closer, masih adzan ya, adzan biasanya disuarakan pakai irama dan seni kayak qiro’, dilagukan dengan cengkok yang meliuk-liuk indah saat didengarkan. Apalagi suara adzan most famous in the world! Mosque of Majidil Haram Makkah! There! Hadeh... itu sumpah! Masya Allah sekali... Beautiful banget, benar-benar bikin hati langsung adem dan hilang semua masalah, hehe... just for a moment. Entah mengapa suara adzan ketika benar-benar dihayati suaranya, kalimatnya, arabnya, artinya, maknanya, dan... yang lain-lainnya, begitu menarik hati dan mengandung rahasia magis dari Allah yang luar biasa. Buktinya, Mbah Neil Amstrong (Astronout) yang lagi rekreasi di bulan aja sampai terkesan tiba-tiba mendengar lantunan adzan dari sana, beliau seketika langsung tertegun dan meresapi, menghayati, serta melamatkan hatinya betul-betul tentang adzan yang didengarnya (mungkin begitulah gambaran emosional beliau saat di bulan ketika mendengar adzan, hehe...). beliau akhirnya masuk islam hanya gara-gara mendengar adzan loh, MasyaAllah banget kan the power of adzan, bayangin, itu padahal masih adzan lo, coba kalau Mbah Neil Amstrong dengerin lantunan ayat-ayat Al Quran 30 juz yang tentunya lebih dahsyat lagi. Euw!
                Okay! (lagi). Mungkin kalian nganggep tulisan ini lebay atau gimana, tapi beneran! Praktekin ya, pleaseeeeeeeeeeeee... (maaf alay). Alright! Gini, kalian kalau denger adzan, coba diresapi dengan sungguh-sungguh, dipikirkan artinya dalam kepala sambil dengerin, lalu imajinasikan posisi kalian sebagai hamba Allah, manusia yang sebatang kara tak punya apa-apa, bukan siapa-siapa di dunia. Tindakan itu bisa mendatangkan a wonder, beneran! Bismillah... sejenak saja sisihkan beberapa detik atau menit kalian untuk mendengar adzan, insyaAllah hati kalian yang lagi sedih, rindu, dilema, sakit, perih, hancur lebur, gundah gulana, pecah berkeping-keping dan istilah perasaan lebay dan alay lainnya akan berkurang bahkan hilang! You don’t believe it? (Again?), coba aja deh.
                Tidak hanya itu, suara adzan akan... tadi, menenteramkan jiwa, bikin adem ayem, dan enteng lagi. Bahkan, bisa jadi kalian akan meneteskan air mata automaticaly. Yeah! Why? Iya, dengan kalian meresapi adzan, kalian akan benar-benar merasa seperti manusia kecil yang tak punya kekuatan apa-apa, just like a dust! Ketika ditiup udah hilang lebur, tak berbekas. Allah lah Yang Maha Agung dan Besar, kita sebagai manusia ciptaan-Nya, sama sekali tidak berhak menyombongkan diri sedikitpun walau semili (kalau bisa diukur apakai penggaris, hehe). Hati kita bakal lumer kayak keju kepanasan. That’s it.

Jujur ya, aku sendiri paling seneng dengerin adzan, kalau dengerin ayat Al Quran, adem juga sih, tapi lama-lama jadi sleepy and then sleeping or next, sleepwalking! (astaghfirullah...butuh ruqyah kayaknya kalau kayak gini, hehe..). Yah.. intinya, kalau denger adzan, bisa sampai nangis-nangis sendiri. Eits! Itu bukan alay ya, hm... ya... nasehat buat diri sendiri sih, buat kalian juga yang mau baca until the end. Thanks! Pokoknya, kalau ada adzan, hentikan semua aktivitas kalian, luangkan sejenak jiwa raga untuk meresapi suara adzan, kan nggak sampai lima menit tuh! Atau... bisa juga kalian nyimpen suara adzan jadi MP3 di handpohone kalian, cari tipe irama lagu adzan yang kalian suka, dengerin dah pas lagi sumpek, hm... InsyaAllah, akan diademkan hati kalian oleh Allah SWT. Apalagi kalau kalian bisa sampai nangis-nangis dengerin adzan, hm.. super sekaliiii!
Sekian girls and boys, tulisan yang entahlah aku tidak tahu, semoga bermanfaat... salam coret!
Alhamdulillah, Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh...

By: NZR
Senin malam Selasa yang damai tanpa gupuh (Alhamdulillah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar