Follow Us @nila_zulva

Rabu, 12 September 2018

KKN (OPENING)


Pic. by: AFW

KKN (OPENING)

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu ajang mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah secara langsung kepada masyarakat.

(
https://www.ristekdikti.go.id/). KKN termasuk sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester tua, J

Alright!
Jadi begini, disini, mumpung gw sedang menempuh KKN, iya, sekarang! Gw mau sharing semua yang gw lakukan selama gw KKN, oke, belibet ya, hehe... langsung ajah! (sorry kalau bahasa yg gw pake agak alay, gw manusia biasa, alright!)

Gw kuliah di Universitas Jember tercinta, dan.. sekarang gw sudah masuk semester tua, aw! XD. Rasanya kayak baru kemarin masuk College, lah sekarang udah mau lulus aja, yah, begitulah... KKN di universitas gw ada beberapa kloter tapi gw nggak akan jelasin sistem kloternya kayak gimana, hehe.. maaf ya.. oke lanjut!

WAKTU PELAKSANAAN, TEMPAT, DAN KELOMPOK KKN

KKN yang umum diikuti mahasiswa biasanya sekitar bulan Juli-Agustus. KKN dilaksanakan selama 45 hari alias 1 ½ bulan. KKN ditempuh oleh kelompok-kelompok mahasiswa. Satu kelompok KKN biasanya diisi oleh 10 mahasiswa. Laki sama perempuan campur. Penempatan lokasi KKN akan disebar dibeberapa daerah. Kampus gw biasanya nempatin lokasi KKN didaerah sekitar tapal kuda (alias Jember dan kabupaten-kabupaten disekitarnya, misal Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Banyuwangi, dan Probolinggo, Jember juga masuk ya).

TAHAP-TAHAP KKN

Nah!

KKN biasanya diawali dengan adanya pengumuman dari LP2M Universitas, yang bisa diakses di http://lp2m.unej.ac.id/. Selanjutnya, akan ada form yang harus diisi oleh masing-masing mahasiswa. Nah! Form-form itu terkait biodata mahasiswa, lembar pernyataan, transkrip nilai, dll. Oh iya! Dilengkapi cetak foto ukuran 3x4, haha.. eh! Ada lagi, formnya harus dilengkapi tanda tangan beberapa pihak birokrat fakultas masing-masing dan data-data itu digandakan jadi dua ya, buat transkrip kalian, hehe... Okeh! Sudah lengkap?! Kumpulin dah di LP2M. Siappp!

Lanjut! Setelah dikumpulin nanti bakal dapat jaket KKN UNEJ yang khas banget dengan warna biru dongker!

Nah! (lagi)

Setelah ngumpulin berkas dan dapat jaket, nanti bakal ada pengumuman lanjutan. Akan ada kegiatan mirip seperti seminar tentang pembekalan KKN yang diadakan oleh LP2M, biasanya bertempat di Jln. PB. Sudirman, belakangnya Puslit KOKA Jember. (info tambahan, pas pembekalan dapat konsumsi mamirat kok, wkwkwk.. nggak penting ya). Selanjutnya! Pengumuman paling penting dan paling bikin mahasiswa seantero kampus penasaran. Yup! Pengumuman pembagian kelompok KKN dan penempatan lokasi KKN. Uhuy! Pembagian kelompok KKN akan campur aduk semua jurusan, proporsi mahasiswa laki-laki dan perempuan juga tidak selalu sama, bisa jadi, 1 kelompok diisi oleh:

7 laki-laki dan 3 perempuan
5 laki-laki dan 2 perempuan
6 laki-laki dan 4 perempuan
4 laki-laki dan 6 perempuan
2 laki-laki dan 8 perempuan

Hehe... intinya begitu.
Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah ngumpulin nomor hp anggota kelompok kalian masing-masing, karena dipengumuman pembagian kelompok, keterangan No. Hp tidak dituliskan, nah! Disinilah agenda stalking tentu kalian lakukan, silahkan ngetik nama di sosmed manapun, Instagram, Facebook, twitter, atau bila pernu ketik nama teman KKN kalian di google, haha... Setelah itu, kalian bisa berkenalan, selanjutnya meng-agendakan pertemuan di sebuah tempat, tentunya untuk membahas siapa yang akan menjadi kordes [koordinator desa] alias ketua dari kelompok KKN kalian serta juga dibahas segala persiapan dan perlengkapan terkait KKN selama 45 hari. Sekitar seminggu sebelum KKN, kalian perlu melakukan survey ke lokasi tempat kalian melakukan KKN. Inti dari survey, kalian bisa menetapkan tempat tinggal sementara untuk 1 ½ bulan kedepan dan berkunjung ke tempat kepala desa untuk memberi kabar dan informasi jikalau akan ada KKN di tempat itu. Opsi pertama, kalian dapat melihat kondisi balai desa dahulu, kira-kira layak dihuni atau tidak, jika tidak bisa kalian bisa mencari rumah kontrakan. Oiya! Jangan lupa untuk cek ketersediaan air, sinyal, wifi, dan fasilitas lainnya, J

Jeda beberapa hari sebelum keberangkatan KKN, sekitar 2 minggu. Selanjutnya saat hari H keberangkatan KKN, akan ada agenda upacara untuk pelepasan mahasiswa KKN, biasanya diselenggarakan di Lapangan UNEJ di depan Perpustakaan atau bisa juga di lapangan mini disebelah Gedung Soetardjo. Selesai upacara kalian bisa langsung cus berangkat menuju lokasi KKN. Eits! Sebelum itu, barang-barang kalian dapat ditampung di kendaraan macam truk atau mobil pick up, tergantung hasil koordinasi antar korcam [koordinasitor kecamatan], kordes [koordinator desa], dan kalian sendiri. jika kalian punya mobil ya... mending diangkut sendiri. hehe...

Nah! Sudah, begitu kiranya awal keberangkatan KKN, setelah sampai dilokasi, tahukan apa yang dilakukan selanjutnya? Yap! Bersih-bersih dong coy!

Sekian, terima kasih, salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Tulisan ini harusnya terbit awal KKN lalu, yah.. karena .... mlz dan gangguan-gangguan yang lain, akhirnya molor sampai KKN sudah berlalu, hm... nggak apa-apa ya... hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar