Follow Us @nila_zulva

Rabu, 15 Juni 2022

NGELAMAR KERJA POSISI DESAIN CETAK (DITANYAI APA AJA?)

NGELAMAR KERJA POSISI DESAIN CETAK (DITANYAI APA AJA?)

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Halo... seperti di judul, tulisan ini akan menceritakan pengalamanku ketika melamar kerja di posisi 'Desain Cetak'.

 

Ya, sebenarnya, di dalam lubuk hati yang paling dalam, aku masih amat sangat nyaman bekerja sebagai 'Content Writer' di PortalJember.com, tapi... karena saat ini aku merasa kondisiku sedang kepepet, maka keinginanku untuk melamar di pekerjaan lain tergugah secara dadakan.

 

Kalau dipikir-pikir, memang benar dan nyata adanya bahwa pekerjaanku sebagai content writer masih menyisakan waktu yang cukup luang, sehingga akan lebih produktif dan menambah cuan jika aku memanfaatkan waktu luang itu untuk mengerjakan hal lain bukan?

 

Oleh karena itu, aku segera bersemangat mencari LOWONGAN KERJA melalui media sosial Instagram. Aku langsung ngetik di kolom pencarian Instagram, 'Info Loker Ponorogo', yang memang sebelumnya jadi langganan buatku nyari info lowongan kerja alias loker di sekitar Kabupaten Ponorogo.

 

Yup! Alhamdulillah langsung ketemu, langsung cocok, dan langsung pengen cepet-cepet ngasihkan amplop coklat besar berisi surat lamaran kerja, CV, foto, dan yang lainnya.

 

LOKER yang langsung cocok itu adalah di Galeri Lotuska deket rumah untuk posisi Desain Cetak.

 

FYI. Galeri Lotuska itu kayak tempat yang ngurusi jasa percetakaan undangan pernikahan, hantaran, souvenir, dan sejenisnya.

 

FYI juga, aku suka gambar dan desain, jadi, loker untuk posisi Desain Cetak bagiku sangat cocok denganku, gass lah buat daftar!

 

Tapi, tapi, pas aku mau otw ngasih amplop gede lamaran ke Galeri Lotuska, hatiku kembali bergejolak, wkwk. Zona nyaman terasa kayak narik kedua kakiku terus teriak-teriak sambil merengek, 'jangan pergi... batal aja ngelamarnya, nggak usah nyari kerja lagi'. Begitulah kiranya rasa mager sekaligus ragu-ragu yang menggodaku buat batalin apply loker di Galeri Lotuska.

 

But, karena aku memang lagi butuh duit lebih dan pengen banget ngerasain, gimana sih serunya ngelamar kerja, diinterview HRD, dan deg degan nunggu pengumuman keterima kerja? Akhirnya aku budal juga, sore sekitar setengah lima aku berangkat ngasihkan surat lamaran di Galeri Lotuska.

 

FYI. Sebelum ini, aku bener-bener sama sekali belum pernah ngerasain gimana apply surat lamaran kerja, jadi sebenernya, dibanding kepengen nyari duitnya atau semata-mata keterima kerja terus nyari gaji, aku justru lebih antusias dan super penasaran gimana sensasi ngelamar kerja, itu doang wkwk

 

PENGUMUMAN WAWANCARA

 

Sekitar 3 hari kemudian aku mendapatkan pesan WhatsApp dari entah admin/pemilik/HRD/Pimpinan/apalah dari Galeri Lotuska sana. Intinya, aku kepanggil buat interview hari Selasa pukul 10.00 WIB pagi.

 

Mendapat pesan itu, aku seneng sekaligus deg degan, sudah overthinking duluan mikirin kira-kira apa aja yang ditanyakan pas wawancara kerja itu?

 

Tapi, begitu tahu jadwal interview jam 10 pagi, aku buru-buru membalas dengan meminta maaf dan minta izin buat ganti jadwal. Soalnya jam segitu aku masih ada keperluan yang penting banget dan tidak bisa ditinggal.

 

Oke, untungnya, pihak Galeri Lotuska baik banget dan malah nanya aku bisa interview jam berapa?

 

Dan aku dengan polosnya kayak langsung nentukan jam sendiri, 'saya setelah dhuhur jam 1 bisa mbak'. Begitu kiranya pesan balasanku.

 

Sedetik kemudian, aku kepikiran lagi, eh! Kok malah aku yang nentui jadwal sih? OMG! Kayak kurang sopan gitu, wkwk (jangan dicontoh!)

 

Seharusnya, 'kalau habis dhuhur kira-kira bagaimana mbak?'. Begitu sodara sodari... hm..

 

Ya dah, untungnya, pas aku bales begitu, sekali lagi, si pihak Galeri Lotuskanya baik banget dan menyetujui jadwal yang aku tentuin sendiri wkwk hadeh...

 

But, pada hari H, hari Selasa, pagi menjelang siang, la kok urusanku ternyata molor dan belum selesai. Tidakkk!!!

 

Akhirnya dengan terpaksa, mau tidak mau, aku ngirim pesan WA lagi ke pihak Galeri Lotuska buat minta maaf dan jelasin semuanya, dan minta izin ganti jadwal interview lagi, haduh duh duh....

 

Dan lagi, lagi, si pihak Lotuska kayak iyain aja pesanku dan nanya lagi aku bisanya jam berapa? Terus aku bales lagi, kira-kira begini, 'kalau setelah Ashar kira-kira gimana mbak?'

 

Pihak Lotuska bales singkat, 'nggak bisa masih di luar'.

 

Baca balesan itu aku langsung pasrah aja wkwk. Aku mikir, kayaknya ini si mbaknya udah gedek dan sebel banget dengan diriku ini.

 

Bayangin aja, aku statusnya masih pelamar kerja tapi kayak nggak sopan dan nggak tahu diri banget, nentuin jam interview kayak seenaknya sendiri, woy! Anda siapa?! Wkwk

 

La tapi mau gimana lagi, kenyataannya memang waktu itu nggak terduga banget bisa molor gitu urusannya dan bikin jadwal interview ku berantakan.

 

But, finally, si mbak Lotuska nya bales pesanku lagi, ngasih tahu kalau aku disuruh ke tempat Lotuska sana jam 5 sore.

 

Waduh! Aku yang sebelumnya kayak ya udah pasrah aja, nggak jadi interview nggak apa-apa, fix nggak keterima nggak apa-apa, malah aku pengen mundur aja bisa nggak? Soalnya dah malu gara-gara jadwal interview yang ganti-ganti terus, eh tapi tetep dipanggil juga, ya udah malu nggak malu budal aja dah... bodo amat!

 

INTERVIEW

 

Dengan pakaian kemeja hitam, jilbab hitam, masker hitam, dan celana cream, aku budal memantapkan diri untuk interview.

 

Aku sampai di toko dan langsung duduk di bagian depan toko Galeri Lotuska. Di situ aku duduk berhadapan dengan entah mungkin pemiliknya kali ya, mas-mas masih muda gitu, entah sudah nikah atau belum tapi kalau belum nikah kayaknya masih pantes-pantes aja, wkwk

 

Oke, duduk nih, amplop coklat besar milikku langsung isinya dikeluarin semua dan masnya itu baca CV ku. Sambil otw tanya-tanya tentang diriku ini.

 

Nanya lumayan banyak, kayak alamat rumah, jumlah anggota keluarga, anak keberapa, saudaranya berapa, lulusan apa, pernah kerja di mana sebelumnya, punya kemampuan apa aja? Kira-kira begitu.

Dan stupid-nya diriku, aku nggak buka masker sama sekali mulai awal interview sampai selesai, sampai pulang! Duh, kesannya nggak sopan soalnya si masnya nggak pake masker (iya aku tahu!), la gimana, aku baru nyadar pas di tengah interview keinget belum copot masker, tapi aku ngerasa nggak PD kalau copot masker, akhirnya, ya udah lah, bodo amat aku pake terus, wkwk

 

Dan… FYI, yang dibutuhin masnya di Galeri Lotuska sebenarnya yang lulusan SMA gitu, akhirnya ya udah aku cuma ngasih fotokopi ijazah lulusan SMA aja, ijazahku sarjana tidak aku ikutkan, di CV juga, aku cuma jelasin sampai lulusan SMA aja. La gimana aku pengen nyesuaikan kriteria yang dimau pihak Lotuska, takutnya kalau aku tetep nyantumin lulus sarjana, ntar malah ngerasa ketinggian dan nggak keterima, wkwk (walaupun akhirnya mau aku nyantumin lulusan SMA doang juga sama aja nggak keterima, wkwk)

 

Nah, pas ditanya lulusan apa dan pernah kerja atau nggak oleh masnya, aku dengan polosnya jawab lulusan sarjana dan sekarang emang masih kerja di tempat lain, hadeh… padahal kan harusnya aku bilang aja iya lulusan SMA dan belum pernah kerja!!!

 

Tapi la gimana, kalau aku bohong ntar malah ruwet di belakang tambah susah dong?! Ya nggak?!

 

Dan… si masnya malah kepo tentang kerjaanku yang sekarang dong, kayak si masnya antusias gitu dengan kerjaanku sebagai content writer. Kayak, tanya-tanya kerjanya gimana, dapat gaji berapa, terus sehari nulis berapa artikel, gitu! Dan masnya malah agak heran dengan kerjaan itu, wkwk

 

Pas interview aku juga sempet tanya-tanya sedikit, kayak posisi desain cetak itu kerjanya ngapain aja dan jam kerjanya gimana?

 

Dan…. Ternyata, desain cetak kerjanya ya mendesain dan juga mencetak desain yang sudah dibuat, dan kerjanya itu full dari mulai pagi jam 8 sampai sore jam 5 baru pulang, (waduh! batinku dalam hati)

 

Pas dijelasin gitu sama masnya, aku langsung ragu-ragu, kayaknya aku nggak bisa deh, aku kepikiran gimana nanti nasib nulisku? Ntar kalau ada rapat zoom dadakan juga, gimana membagi waktunya coba?

 

Dan… si masnya juga paham juga sebenarnya, posisiku gimana dan perasaanku waktu itu gimana, masnya kayak ragu-ragu juga mau nerima aku kerja di sana. Sebenernya, masnya ngerasa diriku ini lumayan cocok kalau direkrut kerja di sana, tapi karena memang aku ternyata ada kerjaan lain, nulis itu tadi, akhirnya pupus sudah, wkwk

 

Tapi aku enjoy aja pas interview, la gimana, masnya masih muda, pas ditanya-tanya malah nggak tegang, justru kayak ngobrol sama temen sendiri, mau ketawa ngakak juga enjoy saja, wkwk

 

Dan… di akhir interview itu, akhirnya masnya bilang, ‘ya udah interview ini sebagai bahan pertimbangan, nanti akan diberitahu kabar selanjutnya’. Begitu.

 

Ya udah akhirnya aku segera pamit dan pulang deh, wkwk jujurly seru sih ini, but ya, btw ini memang bukan perusahaan yang gede banget gitu, jadi interview kayak terkesan masih santuy dan tidak menegangkan, tapi aku tetep menikmati, ehehehe

 

Ya udah, gitu aja sih, pengalaman interviewnya, lumayan lah, lumayan seru! XD

 

Terima kasih, semoga bermanfaat

Salam Coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

BTW, jangan-jangan yang ngechat kabar-kabar jadwal interview masnya itu, kok malah tak panggil mbak terus-terusan ya? Wkwk baru sadar pas selesai interview nyampek rumah

Hm.. ya udah lah ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar