Follow Us @nila_zulva

Rabu, 11 Oktober 2017

HORMAT JUGA BUAT ORANG TUA, BUKAN CUMA BENDERA


HORMAT JUGA BUAT ORANG TUA, BUKAN CUMA BENDERA

[di malam yang sumpek, tiba-tiba gua dimasukin ke sebuah grup yang entah gua kagak tahu topik pembicaraan apa yang sedang dibahas, akhirnya gua nyimak aja, sampai gua nyebut...]
            Ah, gua nggk bisa bayangin kenapa lu bisa ngelakuin itu? setermotivasinya elu buat terkenal apa bagaimana? namanya orang tua kalau salah ya tetep kasihlah rasa hormat. kagak bisa gua bayangin gimana ekspresi elu pas kesakitan kaki lu karena luka, atau koar-koar yang kata anak-anak kayak toa itu? [maaf] eh! Terlebih lagi gua nggak bisa bayangin gimana ekspresi bapaknya, kasihan banget pastinya. lu bilang sampai ramai dilihatin banyak orang. Astaghfirullahaladzim... tapi ya.. bukannya gua bermaksud buruk atau bagaimana ya, gua nggak bermaksud apa-apa kok, I swear! tapi ya... kalau manusia punya akal, ya sebaiknya dipake buat mikir kan ya?! Nggak usah lama-lama dan nggak usah berat-berat dah, sepersekian detik aja, buat mikir yang logis dan baik, apalagi sangkutannya sama orang tua. Sesalah-salahnya orang tua, mereka tetap diatas kita, lebih tahu dari kita, lebih duluan belajar dari kita meskipun kita pinternya sampai es tujuh!
            Sumpah gua heran sama pemikiran lu, kenapa elu semangat banget nyeriatin momen elu marah-marah sama bapak-bapak yang [mungkin] nggak sengaja nabrak elu pas naik motor?! Sabar sedikit kenapa? toh semuanya bisa diomongin baik-baik kan? apa elu setega itu? [bisa jadi] bapak itu malu juga lu kasih marah-marah sampai ramai dilihat banyak orang, apalagi yang naik darah selevel elu, anak kuliahan semester lima yang ilmunya belum seberapa, cewek lagi. Ya... kalau emang bapaknya yang salah, ya udahlah, emosi ya boleh, cuma ya jangan sampek meledak-ledak gitulah, pake niat mau ada adegan tampar-menampar lagi, emang lagi shooting sinetron?! Apalagi misal kalau bapaknya sudah minta maaf, yaudah maafin, done kan?! easy!? semua senang! Terus, kalau emang lu terluka ya udah tinggal minta ganti rugi, beres juga kan, lu dah dapet semua ganti kerugian elu.
            Oke, oke, intinya gitu ya, emosi itu sebenernya nggak terlalu penting! beneran deh! apalagi sampek mbledos kayak boom sedangkan masalah yang diributkan itu sepele, lebih enak kan kalau damai, sama-sama minta maaf dan memaafkan, kan enak tuh, sama-sama adem juga. Selain itu, hormat pada orang tua itu nggak ada batesnya, entah itu orang tua yang kayak gimanapun [kelakuannya], pokoknya, kalau menurut gua nih, kasih hormat! wajib! karena orang tua itu pasti lebih dari kita, lebih tahu, lebih dulu, lebih banyak juga pengalaman hidupnya, dan kita yang generasi berpuluh-puluh tahun setelahnya, nggak pantes banget nyentak-nyentak hanya karena kesalahan kecil yang bisa diselesaikan dengan cara yang baik-baik...

            Gitu dah, sabar dan hormat, oiya kalau ngomong jangan asal dikeluarin, dipikir dulu, gua mau lanjut nugas, numpuk soalnya, bikin pusing juga ini materinya, tentang mekanika bahan! Astaghfirullahaladzim, gua kagak bermaksud apa-apa, cuma sharing aja buat gua sendiri belajar bermoral yang baik, dan buat readers juga yang mungkin ada hidayah bisa baca tulisan ini sampek habis, terima kasih banyak, boleh komen juga, banget! salam coret!

Oleh: NZR
Malam ke sebelas dari Bulan Oktober
Di Ruang Surga cicilan dari Sang Maha Kuasa [Alhamdulillah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar