Follow Us @nila_zulva

Senin, 27 November 2017

SISI POSITIF SKS (SISTEM KEBUT SEMALAM)



SISI POSITIF SKS (SISTEM KEBUT SEMALAM)

Malam minggu yang cerah meski tanpa bulan atau bintang, setidaknya badai hujan lebat tadi sore sama sekali tak menyisakan tetesnya satupun malam ini. Mendung mungkin masih enggan enyah dari langit Sumbersari Jember yang indah ini, tapi tak apa, meski langit muram, tangisnya sudah sempurna tak meluncur lagi. Seperti biasa guys! Malam minggu atau sabtu malam bagi jomblo seperti yang nulis tulisan yang tidak terlalu penting ini akan habis dengan agenda yang dijamin garing di dalamnya. Ya! Seperti malam ini tepatnya, malam minggu yang seharusnya menjadi malam paling ditunggu agaknya tidak berlaku bagi para Jombs (jamak para jomblo). Malam minggu hanyalah satu dari sekian malam yang tidak kurang dan tidak lebih bedanya dengan malam-malam yang lain. Sore menjelang malam tadi, alhamdulillah agenda responsi sudah terjadwal merenyahkan malam minggu ini. Berangkat dari kos tergesa-gesa (seperti biasa), karena tidak sadar kalau waktu responsi dimajukan 30 menit lebih awal dari biasanya pukul 18.30 WIB. 18.25 WIB, sesuap nasi baru mulai meluncur kedalam mulut dengan ewuh karena sariawan masih adem ayem bersarang di mulut bagian sisi kiri bawah. Ouch! Ok, cukup.
Responsi! Merupakan sebuah tes atau ujian pasca praktikum. Kali ini, karena tergesa-gesa, tidak ada niat, hp menggoda tiada habisnya, dan Pak De youtube yang nangkring di layar laptop membuat persiapan responsiku kacau balau. Tidak sampai 13 menit proses belajar mereview catatan atau modul praktikum kulakukan. Entahlah, sekitar pukul 17.07 WIB rasa malas mulai menjadi-jadi, padahal responsi tinggal menunggu menit menuju pukul 18.30 WIB. Alhasil, bukan modul atau catatan yang terpandang fokus oleh mata, namun layar laptop dengan tampilan blogger berisi tulisan tidak penting lahap kubaca dengan antusias. Hade! Tanpa niat, segenting apapun keadaannya rencana tetap tidak akan jalan. Modul dan buku catatan terlempar di dekat lemari, terdiam dan tertutup. Yeah! Blogger is more interesting! Of course!
Alright! It’s enough guys! SKS (Sistem Kebut Semalam/Sejam/Semenit) yah, begitulah kira-kira kepanjangannya. Kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar sampai perguruan tentu tak asing dengan kata SKS. Anyway, SKS selalu dikaitkan dengan sisi buruk, merugikan, dan tidak baik (biasanya yang ngomong ini seorang pengajar, kepada murid/mahasiswanya). Yup! Secara umum itu benar! Why? SKS, di dalamnya ada beragam aktivitas yang kita kerjakan secara cepat dalam waktu yang singkat/limited, specially for study. SKS selalu dikaitkan dengan proses belajar dan ujian. Because what? Kids zaman now, as you know guys! Hm.. wait, mungkin nggak hanya kids zaman now, tapi juga sejak kids zaman old doeloe, ada lah pastinya yang melakukan SKS, buktinya, kita generasi sekarang sebagai penerus doyan banget nerapin sistem itu, nggeh nopo mboten???

NEGATIVE SIDE OF SKS
Belajar dengan materi seabrek yang dilakukan satu malam atau beberapa jam sebelum ujian memang sangat-sangat tidak baik guys! Yeah! Logikanya gitu, kalian bekerja keras, thinking of loud dengan limited time! Itu buruk guys, why? Setelahnya kalian bakal
1.       Merasakan sensasi ngantuk luar biasa berat saat tes/ujian/responsi/kuliah.
2.       Lelah! Pastinya!
3.       Kalian bakal ngerasa capek banget, bakal duduk dengan kepala yang terpaksa ditegakkan dengan tumpuan satu tangan.
4.       Kelopak mata juga bakal kedip-kedip, merem melek yang lucu dan konyol banget! Kayak lampu ½ watt!
5.       Pandangan kalian bakal kabur, antara sadar dan tidak, ada dan tiada!
6.       Apalagi kalau sampai tercyduk sama temen kalian yang super jail! Bisa-bisa wajah kalian akan terpampang nyata dalam bentuk jpeg atau video di salah satu hp temen.
7.       Pelajaran dan ilmu juga bakalan minggat sama sekali dari otak kalian, ibaratnya cuma numpang lewat lalu pergi lagi, yeah! Karena kalian nggak konsen gara-gara SKS tadi. Ilang dah fokusnya!
8.       Satu hal yang bakal kalian inginkan! SLEEPING!
Yah... itu tadi kiranya some negative effect dari SKS yang secara logika pastinya udah kalian ketahui kn, yup! Of course! BUT! Disamping sisi negatif above, ada sisi positifnya loh, really? Yeah! Even in the negative thing there are still be a positive side! Yup! Miracle of Allah.

POSITIVE SIDE OF SKS
Alright! Apa sisi positif dari SKS? Ada? Masa? Iya! By the way, aku sendiri sudah prove it! And it’s work! Happen! Trust me! Haha... first! jadi begini, special for final test, kalian bisa try this SKS. Ops! Katanya bikin ngantuk ya tadi, but! Tahan dulu guys, iya emang ada sensasi ngantuk tapi.... bisa kalian tahan dulu pake kopi atau apalah, because what!? If you belajar semalam dan bener-bener serius dan fokus buat belajar, for example... malam ini kalian bisa mendadak mulai nyatat atau meringkas dari awal sampai akhir untuk ujian esok hari. Kegiatan menulis, mencatat, membaca, disertai mengingat-ingat yang kalian lakukan semalam, akan sangat membantu saat ujian! Beneran! Because what? Again! Memori yang barusan kalian tancapkan di otak bakal mulus teringat kembali saat pagi harinya, hm... mungkin kalian bisalah 1 atau 2 jam tidur dulu sebelum ujian, tapi jangan telat ya, hehe. Kok bisa? You don’t believe it?! Oiya, satu lagi yang paling penting! Niat guys! Kalau kalian semangat dan niat banget buat belajar hanya dalam satu malam, insyaAllah akan lancar jaya mengerjakan ujian yang dimulai esok hari. Masih kagak percaya, buktikan sendiri ya.
Second! Yang ini lebih extreem guys! SKS (Sistem Kebut Se-Jam), eh! Ya bukan sejam juga 60 menit, maksudnya beberapa jam, hehe.. 1-3 jam sebelum ujian guys. Bisa? Really? Yeah! SKS yang dalam hitungan jam juga ada sisi positifnya, sebenarnya sama sih, yaitu kalian bakal lancar ngerjakan soal karena materi yang barusan kalian baca atau pelajari itu ibaratnya masih anget, masih nyantol di kepala, belum pergi kemana-mana. Gitu! Iya! Hm.... you still don’t believe? Alright, whatever...
Third! Yah... itu tadi sedikit sisi putih dari SKS, hehe... oiya agar program SKS dan nilai positifnya kalian dapatkan, ada beberapa keys yang juga harus kalian lakukan. You want to know? Alright, check this out!
1.       Niat (beneran guys! Yang sungguh-sungguh!), why? Karena ini kunci utamanya, kalau kalian niat, kalian bakal sempurna nyerap materi seabrek dalam waktu yang singkat, insyaAllah.
2.       Membaca cepat! hm... ini udah classic key ya, kemampuan ini bakal kalian butuhkan banget saat menerapkan SKS, why? Karena materi yang seabrek tadi, tentunya butuh kecepatan untuk mempelajarinya, kalau nggak? Yah, bisa nggak kelar SKS kalian. Nggak selesai belajarnya!
3.       Looking for the point from your material, ini juga tidak kalah penting guys! Mencari kunci atau inti materi yang kita pelajari juga bakal mendukung banget SKS kita. Ini hubungannya sama membaca cepat, kalau kalian memiliki kemampuan ini, kalian tidak perlu lagi repot membaca buku secara kata perkata atau kalimat per kalimat, namun kalian harus bisa menemukan kunci dengan sekali pandang, eak! Yah, begitulah... example! When you read a paragraph, kalian harus segera tahu kalimat mana yang menjelaskan inti dari ulasan di paragraf tersebut, dengan begitu kalian tidak perlu lagi membacanya dari ujung awal sampai ujung akhir paragraf karena kalian sudah menemukan intinya.
4.       Writing! Ini juga kegiatan yang super penting! Why? Karena dengan menulis, materi yang kalian tulis akan lebih mancep kuat dalam ingatan. Gerakan tangan kalian yang mencoret-coret huruf dalam lembaran kertas ibarat ukiran di atas batu, eak! Hehe... iya lo! Jadi lebih greget dan inget pastinya!
Alright! Kurang lebih seperti itu tips tambahan bagi kalian yang suka kebut-kebutan dalam belajar alias SKS! Remember! SKS system will work if you do four steps above!
Last point, meskipun SKS juga punya sisi positif dan keuntungan, tapi tetap utamakan belajar jauh-jauh hari ya, jangan hanya mengandalkan the power of kepepet (SKS). Pada dasarnya itu tetap kurang baik, utamakan langkah yang sudah jelas aman dan baik ya guys! Oiya! Pesan tambahan, kekurangan lain dari SKS, hm.. kemungkinan besar ya... karena ilmu yang kalian dapatkan bisa dikatakan dengan durasi yang cepat alias instan, maka bisa jadi ilmu itu juga nggak akan bertahan lama, maksudnya? Yah... bisa jadi kalian akan mudah lupa, everything will gone after your final test over. Ibaratnya ya, mudah datang mudah pergi, hehe... okay, I think that’s all. Salam coret!


By: NZR
26-27 November 2017

the power of kepepet (SKS), that’s cool, but don’t make it first step that you will choose

Tidak ada komentar:

Posting Komentar