Follow Us @nila_zulva

Rabu, 24 Januari 2018

MENGAPA BUKAN AKU DAN KAMU ATAU SAYA DAN ANDA? DAN MENGAPA INGGRIS?



MENGAPA BUKAN AKU DAN KAMU ATAU SAYA DAN ANDA? DAN MENGAPA INGGRIS?


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh
                Alright guys! Mungkin ada dari kalian punya beberapa pertanyaan menyangkut penggunaan bahasa dalam beberapa tulisan di blog ini yang nggak formal banget dan seenaknya sendiri? (semau penulis, maksudnya, hehe). So, short story, gw sebenernya asli jawa dan medok banget kalau ngomong real life nya, dan... hampir 90% keseharian gw ngomongnya pure pakai bahasa jawa. Iye! Jawanya khas East java specially. Mungkin juga bagi readers yang tahu aslinya gw di dunia nyata kayak gimana mungkin akan geleng-geleng kepala, nggak percaya, unimagine, atau... bisa jadi bakal ngakak kalau baca tulisan-tulisan di blog gw ini. But I don’t care about it! Yah... honestly, I am a silent person, and... I don’t really care about anything, but, dengan menulis di blog rasanya gw jadi lebih hidup, eh, lebih... fleksibel aja gitu maksudnya. Gw kayak punya ruang khusus gw gitu, dunia gw sendiri, yang sekaligus bisa gw share ke orang-orang yang bisa baca whenever, wherever they want, because gw bisa jadi apa aja dan nulis apa saja semau gw tanpa harus mikir efek apapun dari apapun, dah! Itu! alhamdulillah, thanks a lot pada orang-orang yang udah menciptakan komputer, internet, and finally blogger like this.

*GW, GUE, GUA ???!

                Nah, gw/gua/gue, why I choose it? Karena nggak tahu ya, nyaman aja gitu rasanya pakai lu gw, I don’t really know what the reason!? Mungkin bisa jadi gw kejangkit virus dari some vlogger karena gw lumayan sering nonton mereka di Youtube. Ok, kenapa gw nggak pakai bahasa indonesia yang formal? Atau bahasa jawa mungkin? Alright, gw sebenernya lihat-lihat juga sebelum gw nulis itu pake bahasa indonesia formal apa nggak, ya... tergantung tulisannya. Gw mau nulis curhat atau sesuatu yang mau gw share tapi ya kayak ngomong yang nyantai gitu ya gw milihnya pakai bahasa kayak gini, nggk formal. Sedangkan tulisan yang mungkin menyangkut kayak yang agak serius bahasannya itu baru gw pakai bahasa formal, the point is... I will check the topic for my paper first. That’s it.
Oiya, bahasa jawa, mengapa nggak pakai itu? kan bagus juga kayaknya bisa melestarikan budaya ibaratnya, yaelah! Nah, gini, ini kan gw nulis di blog, the problem is... kalau gw beneran pure nulis semua kata pakai bahasa jawa, gw jamin, tulisannya bakal tampil kayak tulisan nggak jelas, acak-acakan, dan bisa jadi bakal bikin ngakak gitu bagi yang baca, iya kan, let’s imagine that! Bayangin, lu nulis blog pakai bahasa jawa yang lebih seenak lu sendiri, semau lu, duh! FYI bahasa jawa itu lebih beragam lo daripada bahasa indonesia, jawa itu banyak jenisnya, dan bisa jadi si pembaca nanti nggak malah paham jadi bingung ujung-ujungnya, LOL. Nah, beda lagi kalau gw ngevlog, buat video ngomong pakai bahasa jawa, itu mending, dan lebih cocok tempatnya buat melestarikan bahasa jawa itu tadi, yah! Iya dah!

*ENGLISH

Satu lagi! Gw selalu nyampur bahasa antara indonesia sama inggris, kadang juga arab sih, atau jerman, satu dua kata gitu, hehe... why? Gini guys, ni kan udah tahun ke sekian, zaman semakin maju dan... udah dari dulu juga kan kalian tahu bahasa internasional itu bahasa inggris. So, buat ngimbangin itu, sekalian sama belajar juga, biar sama bahasa inggris itu lebih akrab meskipun ya campur-campur kayak gini, nggak apa-apa lah. Biar ngarti dikit-dikit, iya nggak? Okeh! Lagipula, gw sebenernya udah suka bahasa inggris sejak dahulu kala, hehe... sejak jenjang sekolah dasar gw udah suka sama bahasa inggris, nggak hanya itu, entah kenapa juga gw juga suka tuh sama sesuatunya orang barat, ya bahasanya lah, musiknya, filmnya, arsiteknya, beberapa orangnya, gaya hidup sehatnya, dan... yang lain-lainnya. Oiya! Gw nulis bahasa inggris juga nggak ngasal lo ya, FYI... gw cek dulu lah, di kamus atau google translate buat help me nge-benerin kalimat inggris gw itu udah bener apa belum, gitu, iya! Tapi ya.. maaf juga kalau masih ada yang salah-salah, hehe... namanya juga belajar! Another... kenapa gw milih bahasa inggris, karena gw lihat, penggunaan bahasa inggris itu ada sisi untungnya, yeah! Ada dibeberapa kata dalam bahasa inggris. What? What do you mean? Okeh! Begini, for example! Check this out!
Untuk         = for/to
Lari            = run
Bantu         = help
Nangis       = cry
Banyak      = much/many
Datang       = come
Pergi          = go
Aku/saya   = me/I
Selesai       = end
                Alright, itu beberapa contoh kata-kata dalam bahasa indonesia dan inggris. Untung? Apa untungnya? Nah, begini, please check and compare, beberapa kata dalam bahasa indonesia itu butuh berapa huruf? Lebih banyak kan daripada pakai inggris, nah, itu maksud gw, iya! Kan lebih simpel juga, mau nulis juga cepet dikit lah, nggak banyak gerakin tangan, lebih ringkas, hehe...
                Okay, I think that’s all, gw tahu sebenernya tulisan ini mungkin bisa jadi nggak penting banget, buanget! Tapi ya.. siapa tahu kan, mungkin dari kalian pernah ada pertanyaan seperti diawal gw jelasin tadi. Kan mending gw kasih jawabannya dulu, jadi rasa penasaran kalian nggak perlu sampek muncul gitu, karena udah ada jawabannya, yeah! Duh sumpah ini nggak penting banget! Nget! Yah! Daripada semakin berlarut dan berlanjut ke yang lebih tidak penting lainnya, mending gw nulis sekian, terima kasih banyak yang udah berkunjung atau tersesat dan mau baca until the end. Hopefully help you... J Salam coret!
Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh


By: NZR
24 Januari 2018

I don’t know what the reason? Why I write this all?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar