Follow Us @nila_zulva

Sabtu, 07 April 2018

NGENESNYA TAHUN BARU 2018





NGENESNYA TAHUN BARU 2018

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Bismillahirrohmanirrohim...
Hola guys! How are you? Hopefully you all are always fine and happy, amin... alright!

Tahun baru, merupakan waktu dimana kalender akan meninggalkan bulan terakhirnya Desember, dan kembali ke urutan bulan pertamanya Januari. Angka 1 tentu menjadi titik awal dan menjadi penyematan kata “baru” ketika tahun baru. Tahun baru juga berarti mencangkup angka baru, tanggal baru, dan hari baru, yang jatuh di tanggal yang tidak lain dan tidak bukan yaitu 1 Januari! Yeay! Padahal nyatanya, tanggal tersebut tidaklah baru, lebih tepatnya tidak ada bedanya dengan hari-hari sebelum atau sesudah tanggal tersebut. Tidak pula terdeteksi tanda-tanda ke-baru-an di hari tersebut, seperti bau misalnya, apa pada hari itu tercium bau yang baru seperti halnya bau khas baju baru atau barang-barang baru lainnya seperti di toko? Atau, pada hari itu masih terbungkus plastik press yang khas yang biasa meng-cover barang baru? Tidak bukan! Yeah! Of course no!

Okay guys! As you know, tahun baru biasanya selalu menjadi momen yang meriah dan ditunggu bagi sebagian besar manusia di dunia. Why? Karena di tahun baru, beberapa perkara akan terjadi dan memang sengaja dilakukan (tradition). For example, yang kutahu guys, tahun baru atau lebih tepatnya malam menjelang tahun baru akan terisi dengan beberapa agenda sebagai berikut:
Menyalakan bunga api, mercon, petasan, dan sejenisnya, kalimat lainnya ialah agenda bakar-bakar duit. Right!
Acara makan malam yang dilengkapi dengan aktivitas bakar-bakar daging. Wiih! Sedep iki!
Kencan bareng pacar/gebetan/selingkuhan/TTM, lan sak piturute. Urusan ini gw nggak bisa jelasin lebih lanjut guys (karena gw sendiri jom_ _, ouch! -_-). Gw kagak tahu! Ok, next!
·         Berkunjung ke tempat-tempat hiburan malam, eits! Tempat hiburan malam bukan cuma cafe atau diskotik ya, alun-alun, karaoke, warung kopi, taman, lapangan, mall, dll. itu juga tempat hiburan malam guys!
·         Kumpul bareng teman-teman atau keluarga
·         Pergi ke pusat kota, sambil nungguin tradisi menghitung mundur dari angka 10, berakhirnya tahun sekarang dan penyambutan tahun baru, sekaligus dilanjutkan pembakaran bunga api yang biasanya spektakuler dan memukau mata. Uwau!
Yah... mungkin seperti itulah, beberapa aktivitas yang bisa gw sebutkan menyangkut tahun baru. But! Di sini gw sebenarnya bukan akan membahas gimana serunya tahun baru, tepatnya 2018 kemarin, namun bagaimana mengenaskannya tahun baru 2018 di balik gegap gempita yang heboh terjadi di luar sana.


NGENES! (it’s special for a writer of this paper)

                01 Januari 2018 resmi jatuh pada hari Senin, 3 hari yang lalu semenjak tulisan ini ditulis. Tahun baru 2018 yang sungguh luar biasa! Speechless! Satu kata yang mewakili salah satu hari spesial dari sekian hari spesial lainnya dalam setahun. Nasib menjadi anak perantauan... jujur gw bingung mau nulis dari mana? Karena sebegitu mengenaskannya cerita di awal tahun 2018 sampai gw lupa alurnya. Alright! Minggu pagi yang masih sama suramnya seperti hari sebelumnya. Besok sudah tanggal 1, tahun baru. Gw sebenarnya tidak mempermasalahkan gw mau ke mana dan ngapain di malam tahun baru, namun hal yang lain, ouch!

                Bencana pasti datang di semester ganjil dan akhir Desember (khusus kalian yang kuliah dengan jurusan yang sama dan universitas yang sama dengan gw). Bencana berkepanjangan sampai ujungnya di mana? Gw juga nggak tahu. Burem dan surem! Yang jelas jangan pernah pulang sebelum ada titah resmi dari yang mulia dosen pengampu matkul _ _ _ _ _ _ _. Tugas kuliah seperti hantu gentayangan, atau kalau nggak, seperti kaset rusak yang muter terus berulang-ulang di kepalamu, budrek! Tugas emang cuma 1, tapi ribet dan abstrak! Susah guys! Tidak hanya menulis dan menyusun makalah, namun juga harus utak-atik aplikasi yang wajib hubungannya sama proses trial-error yang mesti bikin kalian minimal stres.

                Hari-hari gw di penghujung Desember 2017 disibukkan dengan tugas abstrak tersebut. Pagi, siang, sore, malam, gw habiskan khususon ila tugas, dan YouTube, Facebook, Instagram, serta WhatsApp. Hehe... dari bangun tidur sampai nggak sempet dan nggak sadar tidur, hari-hari ini, gw setia banget sama laptop gw. Laptop udah kayak someone special yang deket banget sama gw dan gw perhatiin sepanjang hari. Minggu pagi gw ngampus, lu tahu kan Minggu itu libur, iye! Sepi bray! Gw jalan kaki mode ogah-ogahan, kagak semangat. Sesampainya di kampus gw langsung persiapan ambil posisi di gazena bareng laptop gw tentunya. Di sana gw nggak sendiri, ada sekitar 5 temen gw yang lain. Kita ngerjakan tugas guys, tugas GJ yang nggak kelar-kelar.

                Pagi sampai sore, gw sama temen-temen nugas terus, all day long! Hampir maghrib! Tugas gw belum juga selesai! Hadeh! Masih banyak! Pas gw mau pulang, tinggal gw sama 1 temen gw cewe, di Gazena yang lainnya sudah go home duluan. Gw duduk-duduk loyo kagak semangat sambil wifi-an. A few minutes later, tiba-tiba datang temen gw laki-laki naik motor. Bla, bla, bla, dia ternyata jemput temen gw. Okeh! Finally gw pulang sendiri, jalan kaki, no problem!

                Back to kos tercinta. Maghrib! Gw lupa nggak beli air minum! Galon habis! Uang nipis, kagak ada lauk, yang ada cuma mie instan. Sip! Mantap! Gw lapar, nggak semangat, lemes, udah kayak gombal yang jalan sempoyongan. Gw masak air di magic com, masak mie, makan mie, kagak nafsu, nggak habis, sisa separuh. Gw baring di kasur, sendiri di kos. Sepi, soalnya udah pada pulkam semua, tinggal gw sendiri yang kuliah kagak kelar-kelar. Gw lihat hp, buka segala jenis akun medsos yang gw punya, nggak ada chat masuk yang menarik, grup semua guys! Hadeh! Gw lihat snapgram, cek! One by one! Widih! Bakar-bakar, kembang api, karaoke, mercon, jogging di pusat keramaian, serta kehebohan dan kemeriahan tahun baru yang lainnya. Gw diam, a few minutes.

                Haduh, kagak kuat gw. Gw nangis! Yah! Bukannya cengeng atau gimana-gimana, lah coba lu bayangin! Di saat jurusan, fakultas, dan kampus lain udah pada libur, lu masih aja ngerjakan tugas yang GJ nggak jelas selesainya kapan, lu anak perantauan, lu rindu berat sama rumah udah berminggu-minggu yang lalu, di PHP pulang tanggal sekian ternyata hoax, kagak jadi pulang, lu pulang 4 bulan sekali, ini malam tahun baru, lu di kos sendirian, kagak punya kendaraan, kagak punya hiburan, nggak punya duit, nggak punya temen juga, yaelah, makan aja lu kagak punya menu, sepi, sedangkan tugas lo masih banyak dan ribet. Lengkap banget kan penderitaan gw! Apalagi di malam tahun baru kayak gitu! Weleh... napas gw kembang kempis mandang layar hp yang isinya bikin hati gw teriris-iris. Miris! Gw nangis sampai terisak-isak di kos sendirian, gw nggak bisa tidur sampai jam 12 malam, begitu gw denger letupan dan kehebohan kembang api di luar sana, gw makin keras juga itu nangis, bodo amat!

                Nah! Itu! tahun baru 2018! Tahun baru paling apik banget buat gw menderita. Udah!
Sekian! Salam coret!

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh...



By: NZR
BTW ini tulisan baru selesai sekarang 07 April 2018, padahal gw pengennya terbit awal Januari, haha... bodo amat!
Lumayan buat reminder, kalau gw pernah punya momen se-special ini
Saking spesialnya sampek nangis-nangis, LOL. Jangan dicontoh ya. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar