Follow Us @nila_zulva

Kamis, 18 Oktober 2018

MENGAPA GOODONGARING?




MENGAPA GOODONGARING?

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alright! Goodong garing! [Godong double “o”] Daun kering! Semenjak blog ini dibuat dan mulai diketahui keberadaannya oleh beberapa teman, first impression begitu mendengar nama ini, senyum, tertawa, aneh, unik, dsb. dan.... efek selanjutnya, gara-gara aku pernah memakai goodongaring sebagai nama akun wa ku, seorang teman lebih senang memanggilku dengan nama godong garing daripada nama asliku! Selain itu, satu teman seorganisasi [bidang jurnalistik] juga lebih sering menyapaku sekaligus menyebutkan nama blogku, godong garing! Ah... secuil efek yang lumayan berkesan gimana.... gitu, hehe...

Baik,

Mungkin beberapa kalian ada yang menanyakan, ingin tahu mengapa aku memilih nama goodongaring sebagai nama blog pribadiku, ya kan?!

Jadi begini, sebenarnya aku sudah memiliki blog sejak tahun 2012, kira-kira waktu itu aku masih duduk di bangku sekolah menengah pertama alias SMP atau MTs kelas IX. Kalian bisa cek di sini! http://javajoss.blogspot.com/

Mengapa aku memilih nama itu? Hm... entahlah, mungkin begini, aku orang jawa, aku ingin blogku dilihat banyak orang, dalam negeri atau luar negeri. Jadi, aku menerjemahkan kata ‘jawa’ ke bahasa inggris menjadi ‘java’, biar lebih internasional gitu, hehe... sedangkan joss berarti mantap, bagus, atau terbaik, yah... mungkin bisa diartikan begitu, wkwk.

Nah! Jadi apabila digabungkan, java dan joss berarti jawa yang terbaik, dengan menjadikannya nama blog, aku ingin orang lebih mengenal dan bertanya-tanya tentang jawa/java, entah dari sudut mana saja, tempat, pulau, penduduk jawa, kebudayaan jawa, dll. [meskipun sebenarnya isi blog sama sekali tidak bahas apapun tentang jawa, wkwk], melainkan...

Blog itu berisi segala macam pengetahuan, mulai dari pengetahuan umum sampai agama. J Aku mengetik ulang dari buku-buku sekolah lalu ku upload di blog, haha... tujuanku saat itu adalah membagikan ilmu ke banyak orang, karena aku tahu dengan masuknya segala sesuatu ke internet berarti akan berpotensi mudah dilihat oleh lebih banyak orang dimanapun dan kapanpun di seluruh penjuru dunia, dan niatku adalah untuk berbagi ilmu. Yeah!

Lanjut!

Setahun setelah blog pertamaku dibuat, tahun 2013, aku membuat blog baru lagi, ahaha. Namanya x-walkaround, kalian bisa mengunjunginya di sini! https://x-walkaround.blogspot.com/2013/

Mengapa aku memilih nama itu? Menggunakan bahasa inggris? Nah! Huruf X diawal, aku ingin menggambarkan sebagai subyek yang berarti manusia/seseorang bernama X. Nama selanjutnya, walk around artinya jalan-jalan, jadi kalau digabungkan artinya si X jalan-jalan. Jadi disini, aku ingin menunjukkan bahwa blog ini berisi segala sesuatu [bisa berupa pengalaman/pengetahuan] dari hasil jalan-jalan si X. Wkwk... paham nggak sih!? Gitulah intinya!

Sedangkan isi dari blog ini sebenarnya kurang lebih sama dengan blogku sebelumnya, berisi pengetahuan umum sampai agama, namun ada perbedaan sedikit, ada tulisan beberapa puisi di dalamnya. Aku mendapatkan teks-teks puisi dari buku-buku [LKS] bahasa indonesia, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, wkwk...

Entahlah mengapa aku bisa menuliskan itu semua dari sumber buku-buku LKS sekolah!?

Alright! Sebelum lanjut, nasib dua blog itu tidaklah bertahan lama, artinya lambat laun aku mulai malas mengurusi/merawat/menulis di dalam kedua blog itu. Terbengkalai! Kandas! Hingga sekian lama akhirnya aku lupa email beserta passwordnya. Yup! Eits! Tapi itu hanya untuk blog javajoss, sedangkan blog x-walkaround, alhamdulillah email dan passwordnya masih tersimpan aman dalam ingatan, hehe...

Okay! Next! Bertahun-tahun kemudian, setelah vacum sekian lama, akhirnya pada akhir tahun 2016, aku kembali meluncurkan blog baru, wkwk... entahlah aku suka sekali membuat blog. Tapi tidak! Di blog yang ketiga dan terakhir ini [amin] aku benar-benar telah memantapkan niat untuk terus merawatnya hingga sampai akhir hayat, hehe...

Yup! Blog baru bernama http://goodongaring.blogspot.com/

Mengapa memilih nama itu? Sejujurnya memikirkan nama blog tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, wkwk [ora nyambung!], tapi mungkin bisa dikategorikan nyaris sama sulitnya seperti ketika memberi nama seorang anak, wkwk... [nikah ae durung! Sok-sok an ngerti rasane angel e ngowehi jeneng anak! huuuu] yup! Intinya aku butuh lebih dari 24 jam untuk benar-benar memutuskan goodongaring sebagai nama blogku itu! Yeah!

Mengapa goodong? Dengan double ‘o’? goodong [bahasa jawa] jika diterjemahkan ke bahasa indonesia artinya daun. Alasan mendasar ialah, aku sangat suka melihat daun, daun apa saja dengan warna apa saja, aku sangat mengagumi dan mengagungkan ciptaan Nya yang satu ini. Daun, menurutku seperti sebuah simbol kehidupan yang keberadaannya tidak boleh musnah di bumi ini, tidak boleh! Haram! Iyalah! Lu nafas pake apa kalau nggak ada daun? Hm... that’s it! Oiya! Selain alasan itu, aku sempat tertarik dengan kata goodong karena aku pernah melihat sebuah brand T-SHIRT yang dipakai temanku bernama goodong, lengkap dengan simbol daun berwarna hijau yang unik dan bagus, alhasil aku langsung kepikiran, haha... Alasan double ‘o’? nanti ya...

Next! Garing! Yang berarti kering! Entahlah, aku sendiri tidak tahu mengapa bisa menyambungkan kata garing setelah goodong, wkwk... mungkin begini, menurutku kering itu renyah, crispy, macam kerupuk, macam daun yang kering dan rapuh yang kalau kerupuk digigit atau daun kering yang diinjak akan menghasilkan bunyi berisik yang menggoda, ‘KRIAK!’ atau ‘KREMUS!’ wkwk... ya.. begitulah! Itu unik dan asyik!

Nah, mengapa dengan double ‘o’?

Jadi, goodong + garing = nggak tahu nyambungnya gimana?! Ahaha... mbohlah! Ya.. intinya aku ingin membuat goodong yang berarti simbol kehidupan dan garing dalam artian renyah atau yang menyenangkan. Jadi secara umum diartikan sebuah kehidupan yang menyenangkan, begitu! Iya!

Nah! Sedangkan double ‘o’, karena, ketika aku menyambungkan dua kata itu sekaligus, goodongaring! Atau jika dibuat ke versi inggris, akan menjadi seperti ini, good on garing, yeah! That’s why I need double ‘o’! Biar bisa diartikan dan memiliki arti kalau aku merubahnya ke versi inggris, meskipun tidak sepenuhnya inggris sih, wkwk... campuran antara inggris dan indo. Good on garing bisa diartikan begini, terdapat kebaikan pada sebuah kegaringan, ahaha... kata garing yang biasanya diartikan khalayak umum sebagai sesuatu yang membosankan, ‘krik-krik’, nggak asyik, dll. Disitu, aku ingin memberikan pemahaman lain, bahwa di dalam kegaringanlah sebenarnya terdapat sebuah kebaikan yang luar biasa. Wkwk... kebaikan seperti apa? Ya seperti isi blogku, http://goodongaring.blogspot.com/ ! J

Nah! Sudah tahu kan!?

Sekian, terima kasih...

Eits! Belum selesai!

Setelah goodongaring, aku sempat membuat blog lagi, wkwk... tapi dalam bentuk wordpress, bukan blogspot. Why? Karena aku penasaran dengan perbedaan dan tampilan wordpress seperti apa jika dibandingkan dengan blogspot. Aku menamakan blogku dengan nama fried ice tea yang berarti es teh goreng! Wkwk... alamatnya dapat kalian kunjungi di sini! https://friedicetea.wordpress.com/

Mengapa dengan pemilihan nama yang lebih aneh itu? Hm... aku sendiri tidak tahu, aku hanya suka saja mengatakan kalimat ‘es teh goreng’ berulang kali, itu unik! Dan... aneh! Dan aku suka! Ahaha... J

Tapi blogku goodongaring tetaplah yang utama, wordpressku tidak berisi apa-apa, terbengkalai tak terurus, karena memang niatku hanya coba-coba, melihat seperti apa itu wordpress, sudah! Dan bagiku, satu blog saja sudah cukup membuatku bingung, mau diisi konten apa? Apalagi proses merawat blog secara berkelanjutan agar terus hidup, misal seperti menerbitkan karya tulisan secara rutin, itu sungguh sulit! Iya, begitu, sudah,

Sekian... thanks a lot

Salam Coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Alhamdulillah lancar nulis sampai ‘sekian, thanks a lot’, biasanya dapat gangguan terus yang menyebabkan tulisan macet dan hilang ditengah jalan dan akhirnya tak jadi diterbitkan, hm...
Kalau ada yang kurang jelas bisa kalian tanyakan di kolom komentar, yoh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar