Follow Us @nila_zulva

Minggu, 07 Oktober 2018

THE POWER OF DOA




THE POWER OF DOA

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo gaess, dunia hari ini sedang alay jadi saya ikutan alay gaess, ya nggak apa-apalah ya, sekali-kali ngikut gitu gaess... okeh! Btw, suwi gak nulis gaess, onok ide tapi ilang-ilangan durung sempet ditulis wes ambyar mboh parane... wkwkwk

Kok aku nulis boso jowo to, oke, wes-wes, balik-balik...

Alright! Halo everybody!

Malam ini [terserah gw ya nyapa kalian kayak gimana, hehe] gw mau nulis sesuatu yang sudah mainstream tapi hakikatnya belum terlalu mainstream, yeah! Jadi begini teman-teman. Doa dalam artian menurut gw pribadi merupakan sejenis senjata tak berbau, tak berwarna, tak berasa, dan tak tampak. Tidak cukup sampai disitu, doa bisa dibilang aji-aji [usaha] paling mentok, titik darah penghabisan setelah senjata yang lain seluruhnya dikerahkan. Mengapa begitu? Karena disaat kalian sudah berusaha, berbuat ini itu, berkata ini itu, jungkir balik, dan ternyata hanya dapat hasil sedikit atau malah tak dapat hasil sama sekali, maka disitulah peran doa sangat diagungkan. Bagaimana tidak, doa itu murah guys! Kalian nggak perlu apa-apa, nggak perlu biaya, nggak perlu mikir berat, nggak perlu ribet! Cukup siapin aja konsentrasi sama ketenangan hati, sambil kalian komat-kamit, atau kalau kalian nggak kuat komat-kamit, doa aja di dalam hati, nggak butuh gerak [pencila’an]. Kalian cuma tinggal diam dan nafas, dan berpikir sedikit, sudah! Gitu doang! Doa yang terwujud, dijamin bisa bikin kalian bengong alias speechless! Yo opo ora?! Hm.. tapi masalah terwujud atau tidak doa itu, itu urusan belakangan, yang penting kalian doa aja dulu, toh, nggak ribet dan butuhin apapun ya kan!

Kalian sudah lelah, memasang wajah melas dengan guratan keputus-asaan yang mulai muncul disudut sana-sini, maka doalah yang akan teringat dan tampil bak sebagai pahlawan penyelamat dunia, yeah! ‘Doa’, satu kata, tiga huruf yang simpel, mudah diingat, dan diucapkan. Sebagai manusia yang hidup di tanah air Indonesia raya merdeka tercinta ini, kita punya aturan yang harus dipatuhi, salah satunya untuk memegang teguh suatu prinsip, ajaran, dan pedoman hidup yang dikenal sebagai agama, entah agama apa saja, yang penting kita harus berlabel manusia beragama.

Menurut gw guys! Intisari dari agama merupakan suatu doa dan harapan. Oleh karena itu, kalau orang muslim pas waktu melakukan kesalahan biasanya akan langsung spontan mengucapkan kalimat ‘astaghfirullahaladzim’ yang mana kalau diterjemahkan berarti ‘minta ampun kepada Allah SWT.’ dan kalimat itu termasuk dalam doa. Nah, sudah, cukup.

Begini teman-teman! Gw termasuk seorang yang benar-benar percaya dan meyakini dengan sangat bahwa doa yang terucap ketika kita benar-benar membutuhkan, berpotensi besar akan terwujud menjadi kenyataan. Pernah suatu hari, mungkin kejadian ini beberapa kali terjadi, yeah! Ujian! Ujian apapun, pokoknya ujian! Gw selalu bawa modal lebih, selain belajar [meskipun sedikit] tentunya, gw selalu nyiapain atribut yang dibutuhkan saat ujian, hehe... yo jelase! Nggak! Maksud gw gini, ketika sudah H-1 atau J-sekian [beberapa jam dari momen ujian, gw singkat J-sekian) gw bakal menabung modal terakhir, yaitu doa. Oiya! Doa bukan berarti diartikan kita minta secara detail dan spesifik tentang kemauan kita, tidak! Menurut gw, kalian sholawatan, ngaji, itu juga sudah termasuk doa.

Okeh! Balik lagi ke cerita gw pas mau ujian, jadi... pas mepet waktu ujian, gw suka tuh komat-kamit dalam hati, entah dzikir atau sholawatan sebanyak-banyaknya. Nggak peduli gw sambil ngomong sama orang lain, gw usahain komat kamit gw dalam hati tetep jalan terus, sampai ujian selesai. Nah! Doa gw bakal lebih gw banyakin lagi, kalau gw pas lagi nggak bisa jawab pertanyaan waktu ujian atau nemu soal yang sulitnya ‘na’udzubillah’ [lebay?! Iyo ben!]. Nggak peduli apa hubungannya sholawatan sama ngerjakan soal, matematika misalnya, gw tetap sholawatan terus. Gw tahu efek doa nggak akan bisa langsung gw rasain saat itu juga, meskipun gw sudah sholawatan dan alhasil tetap nggak bisa ngerjakan, nevermind, hasil gimana yang penting gw sholawatan terus, hehe.

HASIL NYATA DARI BERDOA

Gw kebetulan punya pengalaman dan gw meyakini bahwa keberhasilan gw adalah karena doa. Okeh! Begini, gw punya satu dosen killer di kampus, dosen itu selalu menerapkan ujian lisan kepada seluruh mahasiswanya. Gw sudah 3 kali ujian sama dosen itu dan alhamdulillah meninggalkan kesan yang cukup lancar dan baik. Ketika gw masuk ruangan, seperti yang sudah kujelaskan tadi, sholawatan kagak pernah ketinggalan cuy! Pas ujian lisan, berkelompok tapi. Dosen itu nggak marah-marah kayak pas kelompok lain ujian, pas kelompok gw malah nguji sambil ceramah dan guyon, mantap kan! Gw positif thinking dan meyakini kalau bisa jadi sholawat tadi mengademkan suasana hati Pak Dosen yang mulia, hehe... gw mengalami itu 2 kali.

Nah! Ujian yang terakhir, entah mengapa, ada apa, bagaimana bisa, dan darimana? Ujian terakhir ini, gw dapat nilai yang cukup bagus dan lolos tanpa harus mengulang mata kuliah dosen killer itu! Padahal sejujurnya hasil garapan gw itu nggak bagus-bagus amat, standart-lah! Gak nyongko pokok e! Btw, kenapa bisa begitu? This is the secret! Gw sebut-sebut nama itu dosen setiap gw habis sholat, gw kasih Al-Fatihah, eits! Bukan berarti gw doanya negatif ke dosen itu ya, juztru sebaliknya, gw doakan yang baik-baik dah buat beliau, istri, dan anak-anaknya, pokoknya keluarganya gw doain yang baik-baik. Selain itu, ketika ujian, sholawat gw juga nggak ketinggalan, gw sebut-sebut terus dalam hati, dan.... entah mungkin karena takdir, bejo, doa, dan doa orang tua juga pastinya, hasil akhir yang bikin gw senyum-senyum sendiri bisa gw dapat. Bilang apa? Alhamdulillah...

Next! Kisah lain yang menurut gw yang agak mustahil menjadi tidak agak mustahil lagi, paham?  hehe... Kemarin, gw waktu magang sama temen gw, cuma berdua. Tiba-tiba temen gw sakit, opname, wadaw! Pikiran gw langsung kemana-mana, gw sebagai golongan introvert menganggap peristiwa ini sebagai bencana level medium. Kok bisa? Iya, gw nggak siap mental buat magang sendirian, biarin! Gw dibilang cemen atau penakut atau gilani, bodo amat! Yang penting gw jujur sama perasaan gw sendiri! eak! Emang gw agak tidak siap kalau gw berangkat dan menghabiskan waktu sendiri di tempat magang, intinya gitu. Tapi bukan berarti terus gw beneran nggak berangkat! Tidak! Gw tetap bertanggung jawab untuk masuk maganglah! Ya kali gitu aja langsung gw ikutan nggak masuk! Hm... nggak separah itu bray!

Gw tanya temen gw hari Sabtu, kata dia opname dan nggak tahu sampai kapan, prediksiku sih lama, bisa sampai lebih dari 3 hari. Gw agak panik bray! Padahal magang hari Senin dah masuk, gw bakal sendirian, duh! Okeh! Gw beneran nggak rela sendirian pas magang guys! Akhirnya, entah gw dapat inspirasi darimana? Hari Minggu pagi, gw niat, megatur posisi bersila menyandar tembok sambil memegang Al Quran, gw niat mau khataman sendirian hari itu juga! Gw kasih, gw persembahkan buat temen gw yang lagi opname itu. Entah apa nyambungnya dengan temen gw yang opname, pokoknya gw ngaji! Gw ngaji super ngebut, berharap bisa khatam kayak hafidz atau hafidzah waktu acara semaan Al Quran rutin di kampung halaman. Boro-boro setengah dari 30 juz, gw baru dapat 5 juz aja sudah ngos-ngosan bray, padahal itu masih pagi. Ketika waktu mulai beranjak siang, gw berhenti di juz 6 lebih setengah atau berhenti di juz 7 dapat 5 lembar. Sudah! I give up! Selain nggak kuat fisik, android gw serasa memanggil-manggil buat dielus-elus, yah... setan dah yang menang. Mulai jam 12 siang gw udah tiduran dikasur sambil main HP, hm... kagak jadi khataman!

Dan... efeknya... malam harinya, temen gw ngabarin, dia udah keluar rumah sakit, dan ngeyel kalau besok Senin dia bakal masuk magang lagi, hm... hm... gw terharu rasanya, hehe... bersyukur banget! Alhamdulillah... kecemasan gw bakal magang sendiri akhirnya tidak menjadi kenyataan.

Jadi gw pikir, pas gw mentok, gw nggak tahu mau berusaha melakukan apa, gw bakal ngandalin doa guys! Entah doa seperti apa, yang penting ibadah dibanyakin, ya kayak tadi contohnya, sholawat, ngaji, dzikir, dan doa secara mendetail setelah sholat. Btw gw ngelakuinnya hampir dadakan semua ya, dan alhamdulillah beberapa dikabulkan, coba bayangin kalau doa rutin? Widih, bisa jadi bakal mulus hidup manusia, hehe...

Yah... intinya gw nulis panjang lebar cuma mau sharing aja bahwa doa itu sakti mandraguna! Masalah yang mustahil-mustahil itu, bisa jadi bakal nyata adanya hanya dengan doa bray! Iya! Ya... meskipun hasilnya kadang nggak bisa langsung tersaji sekarang, tapi bisa jadi doa-doa itu bakal jadi tabungan buat masa depan kalian atau bahkan buat anak dan cucu kalian nanti, hebat kan! Tabungan mana coba yang bisa bertahan dan berdampak baik sampai berpuluh-puluh tahun kayak gitu?! Wallahu’alam.

Jangan bosan-bosan doa gaess, jangan alasan capek, doa kan nggak perlu tenaga, tinggal nyiapain hati yang bersih dan tenang, udah gitu aja!

Salam coret!
Jember, 07 Oktober 2018
By: NZR
Mumpung eleng gaess! Aku berbagi lo ya, ojo dikomen negatif thinking, sepurane ya!
DOA! DOA! DOA! Tapi usaha disik sedurunge ojo lali, wkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar