Follow Us @nila_zulva

Jumat, 15 November 2019

KOK BISA SAKIT TUBERKULOSIS [TBC PARU-PARU]?! EPISODE 1


KOK BISA SAKIT TUBERKULOSIS [TBC PARU-PARU]?! EPISODE 1

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo semuanya [dibaca pake nadanya Raditya Dika pas sesi awal video youtubenya dimulai]

Ya, apakah ada yang bertanya-tanya, siapakah kiranya yang sakit tuberkulosis sesuai judul? Ya, tentu saya sendiri, yang nulis ini ehehe

Oke langsung aje

Jadi, aku sah divonis sakit tuberkulosis pada Mei 2019 kemarin.

Jadi, yang kemarin, antara bulan Mei – Juni – Juli aku benar-benar sempat merasakan bagaimana menjadi mahasiswa yang menghilang. Bodo amat masalah kampus, benar-benar seluruh otak kagak mikir sedikitpun urusan kampus, wkwk. Aku pulang kampung dadakan dan tidak menyebutkan alasan yang jelas pada beberapa teman yang bertanya, nah kalian sekarang pasti tahu kalau baca tulisan ini, hehe... gueh saat itu lagi sakit wkwk

BTW. Waktu ditanya kenapa pulang aku cuma jawab dengan santuy, “buat refreshing” atau “kangen rumah” atau “skripsweet pikir keri, bodo amat!” atau “puasin pulang dulu,” dll. Ehehe

Oke cus ke...

KRONOLOGI AWAL

Jadi pemirsah! [setelah mikir keras mengingat masa lalu, wkwk] Kayaknya awal bulan Februari, saat itulah awal diriku terserang penyakit. Entah penyakit apa ya, intinya, awal dulu aku merasa batuk mulai muncul, pelan tapi pasti, penyakitnya mulai bersarang di tubuh yang memang dasar kerempeng ini. Selanjutnya, kekuatanku, energi badanku, dalam bergerak, kekuatan secara fisik, pelan tapi pasti, juga mengalami penurunan. Mulai kerasa lemah, lemas, mudah capek, dan kadang pusing sampai keringat dingin. Eits! Tunggu, tunggu, tunggu, semua proses itu terjadinya lama ya guys! Tidak tiba-tiba langsung batuk-batuk parah tiap hari atau tiba-tiba lemes gitu, tidak!

Semua prosesnya, ibaratnya, si penyakitnya nih, berkembangnya pelan-pelan, tapi terus, hingga akhirnya... selama dari bulan Februari – Maret – April – Mei bayangin 4 bulan! Tuh penyakit kayak buat rumah baru dalam tubuhku! Gila lu Ndro! Dan dengan santuy dan gobl*knya gue, nggak pernah tuh aku punya niatan periksa, ke puskesmas, cari obat, atau apalah, aku dengan enjoynya nikmatin hidupku yang rasanya seperti sudah kayak antara ada dan tiada! Iye!

Begini-begini, sebenarnya ada satu alasan mengapa aku sampai keblasok abai dengan kesehatanku sendiri, yup! Karena waktu itu, pada rentang waktu dari Februari menuju Maret, terjadi guncangan sesuatu dalam kehidupanku [anggep aja gloomy time in my life] yang membuat semuanya... hm.. apa ya, gitu pokoknya wkwk! Ngomong opo seh?! Pokoknya, saat itulah titik terendah hidup yang pernah ku alami, parah banget! Saat itu, rasanya, secara tidak langsung kayak menjalankan gaya hidup lifestyle ala para sufi-sufi yang legend pada zamannya. Satu hal yang kurasakan, super berat dan gak bakal kuat! Ampun dah! Semua nafsu kudu ditahan, hm.. mungkin nggak hanya nafsu, tapi termasuk beberapa poin keduniawian, duh ngomong opo aku, ibaratanya gitu lah!

Dari situ juga, aku dapat menyimpulkan, kalau mau jadi orang sakti, orang baik, orang mulia, memang amat sangat sulit sekali! Segala bentuk pengorbanannya kudu kuat dan niatnya kudu mantap, lah aku? Aku mah apa, hanya manusia biasa yang butuh banget telo dan sego, ehehe... oke lak ngawur tulisan iki, oke balik lagi!

Jadi guys! Awal sakit mulainya Februari, mulai kelihatan sakit itu bulan Maret – April, nah parahnya terjadi bulan April – Mei.

HIDUP SEPERTI ZOMBI

Kenapa aku ngasih sub judul seperti itu?! Karena aku merasa kayak gitu, itu ketika aku sudah bener-bener sadar, ngerasa ada yang nggak beres dengan badanku nih, bulan Maret – April. Disitu, rasanya seperti ini guys! Sebanyak apapun aku makan, sebergizi apapun makanan yang kumakan, badanku tetap lemah, lemes, lunglai, pusing, gampang capek, fix kayak gombal ngelemprek gitu! Aku pikir kena anemia, karena emang dasar dari dulu aku punya darah rendah, ya sudah keputusanku ialah segera beli Sangobion. Udah habis 10 pil! Sama aja! Capek aye minum obat, lanjut! batukku juga sudah mulai parah nih, akhirnya aku beli juga obat batuk yang standar, boleh ya nyebutin merek! Fix Formula 44! Kalau dipikir-pikir, penyakitku tuh sudah level hard masa tak kasih obat level easy, ya nggak ada guna. Jadi batu parah itu, dari segi suaranya tuh sudah nggak seperti batuk normal pada umumnya, agak menggelegar, serak, mendengung, dan sakit-sakit gimana.. gitu wkwk.. iya, suara batuk orang sakit itu, tandanya, ketika si penderita batuk, maka yang disekitarnya atau si pendengar juga bakal ngerasa seakan-akan ikutan sakit gitu.

Nah mengapa zombi? Zombi itu barang antara hidup dan tidak, nah keadaanku waktu itu, meskipun aku sakit, aku masih sempet tuh, keluyuran kemana-mana, ke kampus, ke perpus, ke lapangan, ke supermarket, ke mall, alah mboh wes! Dan.. entah mengapa aku tidak sama sekali menganggap diriku sakit! Stup*id emang! Ada temen ngajak keluar, diiyain aja, padahal nyatanya nih, pas keluar. Sering aku tu, sedikit-sedikit duduk, nyari tempat buat duduk, sering minum, tenangin pikiran, karena ketika aku jalan kaki aja, tanpa bawa beban apapun di tangan atau di tas, pada jarak yang nggak jauh, aku dipastikan langsung capek, lemes, dan pusing, dan aku diem aja, nggak ngomong kalau aku sedang tidak baik-baik saja! Hm.. stup*id lagi kan, biasanya aku cuma meringis atau ngomong lirih “nggak apa-apa kok”, soalnya buat ngomong keras nggak kuat, jadi lirih aja, iya, sampek segitunya.

Dan... efek badan sudah nggak beres, pikiran sama mulut kadang nggak nyaut-nyaut banget, konsentrasi juga sebisanya aja, pokoknya kalau ada yang ngajak ngomong ya udah ditanggepin aja, sesingkatnya, seadanya, senormalnya. Bayangin, aku muter-muter kemana-kemana itu sebenarnya lemes, tapi dipaksain. Cuma sekadar konsentrasi aja sudah susah, jadi tenaga yang kupunya itu kayak nggak ada 50%. Gara-gara sakit itu! Ibaratnya kalau baterai hp sudah bocor, cepat ngedrop, sudah rusak, begitoh.

AKHIRNYA! KAGAK KUAT!

Nah! karena lama-lama semakin lama, eh semakin parah! Rasanya juga semakin sakit! Sekadar jalan 10 meter aja aku gak sanggup, hadeh! Pada pemilu 17 April! Aku memutuskan pulang, orang tua masih cuma sekadar tanya, “kok batuknya kayak gitu? [kedengeran tidak normal dan agak ngeri]”. Karena emang belum tahu aku sebenarnya sakit apa, dan aku sendiri pun juga masih belum tahu, tahunya ya hanya batuk dan lemes, gitu doang!

Pas nyoblos ya masih ikut nyoblos, tapi... kuceritakan dikit ya.

Jadi, aku waktu itu sama ibu berangkat pagi jam 8 menuju TPU dan belum sarapan. Aku iyain aja langsung cus, soalnya keburu antre berkepanjangan. Eh sampai lokasi ternyata belum dimulai, haish! Okeh! Nunggu nih, aku duduk di kursi, nunggunya sekitar 45 menit kalau tidak salah. Lah aku cuma duduk santuy aja nggak ngapa-ngapain, udah ngerasa lemes kayak mau pingsan! Hiya! Aku tahan-tahan tuh, sampai namaku dipanggil untuk giliran nyoblos! Selesai nyoblos, aku langsung nyelonong aja keluar, bodo amat samping kiri kanan ada tetangga atau temen, karena kepalaku dah gak kuat mikir mandangi orang, ini siapa, itu siapa, apalagi nyapa, terus basa basi, alah mboh! Jalan aja udah sempoyongan gak imbang. Cus naik motor, pulang deh...

Dan... gila gue, menggilakan diri sendiri! wkwk

Iya, udah tahu sakit, tapi masih betah aja, aku pulang hanya sebentar terus balik lagi merantau, hadeh! Singkat cerita, sudah di tanah perantauan, sempet ditelpon beberapa kali, ditanya kabar sama ibuk, “gimana?” ya dengan polosnya aku jawab “belum sehat dan belum nyari obat”. Nggak usah nunggu lama-lama, detik itu juga langsung disemprot! “kamu ini gimana? Bla bla bla, sono cepet nyari obat, periksa ke puskesmas, lalalalala, end

Oke, keesokan harinya, aku dengan niat yang dibangun dengan susah payah, ke puskesmas sama temen sekamarku yang idaman banget deh buat ukuran temen, dia selalu bantu aku apapun dan kemanapun saat sakit wkwk.. eh dia mumbul ke langit 7 mungkin kalau baca tulisan ini. Oke lanjut! jadi karena badanku masih lemes-lemes gak jelas, aku ke puskesmas sama temen sekamar, buat jaga-jaga kalau tiba-tiba ku gak kuat di jalan, ambruk, terus pingsan. Di puskesmas, nunggu, ketemu dokter, aku divonis kena tifus! Sesuai dugaanku sih, karena semua gejalanya nyaris sama kayak sakit tifus. Aku ngiranya gitu, soalnya biasanya nih, penyakit mahasiswa ya itu. Ya udah, sebenarnya aku harus cek darah, tapi aku nolak, takut disuntik wkwk konyol!!! Akhirnya hanya dikasih obat, terus... aku inisiatif sendiri nyari obat tifus, selama beberapa hari aku sudah ngonsumsi obat-obatan itu, eh tibaknya! Tidak ada efeknya sama sekali woy! Benar-benar sakitku nggak reda sedikitpun! Heran gueh!

Oke! Mulai saat itu, otak ku sudah mulai agak stress dikit, karena aku masih ngurus skripsi terus dobel sakit gak jelas yang tidak kunjung sembuh, akhirnya kuputuskan buat pulang kampung lagi, hm... kalau disuruh pulkam aku ya seneng-seneng aja, wkwk...

Oke, sampai sini dulu yak

TO BE CONTINUED

PLEASE! Kalau sakit, seringan apapun, cepet cari obat! Jangan disepelekan! Ehehe

Jangan mengulangi ketidakpekaan yang luar biasa dari aye! Wkwk

Sekian... terima kasih...

Semoga bermanfaat!

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
SAKIT ITU TIDAK ENAK! TERSIKSA, KANTONG JUGA TERSIKSA! Bisa bikin duit lo ilang dalam sekejab!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar