Follow Us @nila_zulva

Rabu, 05 Februari 2020

SIDANG SKRIPSI BIKIN NAGIH?


SIDANG SKRIPSI BIKIN NAGIH?

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai... welcome back to my blog! Yeah! New spirit for new year 2020!

Long time no see! Haiiiiiiii

Okay! Now! I am gonna tell you something about my experience! Yeah!

Udah, bisa B. Inggrisnya segitu aja, sekarang pake B. Indo aja ya guys, biar sama-sama enak, sama-sama ngerti, wkwk

Alright! Let’s get started [lah, pake inggris lagi -_-]

PERSIAPAN SIDANG

Yup! Langsung to the point ke persiapan sidang ya, eh! Wait! Kalian sudah ngerti kan tulisan ini mau bahas apaan?! Yup! Sidang/ujian skripsi! Merupakan sebuah aktivitas presentasi dari seorang mahasiswa yang dilanjutkan dengan interogasi tanya jawab yang dilakukan oleh 2 dosen penguji dan 2 dosen pembimbing. Mantul! [pengertian dari gueh sendiri]

Okeh! Next!

Jadi, jadwal skripsiku sudah ditentukan sekitar 10 hari sebelumnya, mengetahui itu, saya santuy saja, belum ada rasa-rasa dredeg, gupuh, dan sebagainya. Seminggu sebelum sidang, saya masih menyempatkan diri buat nonton ke bioskop, itu loh, film yang sedang viral berjudul NKCTHI alias ‘Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini’. Ujian masih lama ya kan, puasin nonton dulu, hehe...

Lanjot! Begini guys! Semakin mendekati hari sidang, perasaan saya justru semakin bingung, bukan deg-deg an lo ya, tapi bingung aja nggak jelas. Saya tidak tahu harus ngapain, iya, tahu kalau harus belajar, tapi belajar apa? Materi apa? Saya benar-benar bingung, pikiran saya ngeblank untuk sekian hari. Dulu jauh sebelum seminar hasil, saya sempet rajin mengeluh tentang adanya agenda sidang skripsi! Hah! Mengapa harus ada sidang segala, kayak tahanan aja harus disidang! Mbokya, langsung lulus gitu lo, toh sudah ada seminar proposal sama seminar hasil kan hampir sama, sama-sama presentasi dan ditanyai, hm... Alah mboh! Wkwk

Kenapa bisa sambat begitu? Yeah, ya karena rasanya sudah lama banget nggak kuliah, nggak ngapa-ngapain, udah lupa cara dan sensasi saat presentasi suatu materi di depan beberapa orang, dan ketika aku harus melakukannya lagi, rasanya, unimagine, makanya dredeg dan sambat, kagak usah ada sidang, ehehe [gak perlu dicontoh ya]

4 HARI SEBELUM SIDANG!

Nah! Lanjot! 4 hari sebelum sidang, gejolak diri saya sudah sedikit bisa dikendalikan, saya mulai menata niat, budal ke perpustakaan kampus pagi-pagi, pukul 08.00 WIB, entah ngapain di dalamnya, pokoknya budal dulu, masuk dulu, duduk dulu, wkwk. Sudah! Bismillah buka file naskah lengkap skripsi di laptop! Ya Allah Gusti! Semua pertanyaan yang nggak aku ketahui sebelumnya seketika menampakkan dirinya, bermunculan di kepala, ‘kok ini nggak tahu? Ini apa ya? itu maksudnya apa? Eh ini ngitungnya gimana? Pake rumus apa? Metode yang mana? Euw!’ Agak pusing sekian menit, oke, tenang... pelan-pelan, satu-satu, heran cuy, perasaan kemarin-kemarin pas baca naskah udah ngerasa oke fine, paham, baik-baik saja, nah sekarang pas dibaca lagi, ngetes diri sendiri, tanya pada diri sendiri, bingung, nggak tahu apa-apa!

Okay! Jadi... aku memang sengaja berniat merajinkan diri ke perpustakaan selama 3 hari berturut-turut, ngisi otak biar nggak keisi sama ke-halu-an terus, wkwk.. selain itu, aku juga meminta tolong seorang teman untuk membantuku mengoreksi, mencari tambahan pertanyaan, ehe! Biar pusingku dobel! Entah pertanyaan yang sekiranya paling sepele dan nggak penting sekalipun, harus diperhitungkan dan dipikirkan, jangan sampai nanti kecolongan dan ngeblank pas sudah resmi ujian. Okeh!

Next! Aku juga menyempatkan untuk belajar presentasi, minimal sehari sekali, ini sudah ku mulai saat 4 hari sebelum ujian. Antisipasi ntar kalau aku goblog mendadak pas ngoceh di depan dewan juri, eh dosen! Aku memperkirakan waktu presentasi selama 20 menit, itupun sudah menghemat banyak, hehe.. maksudnya, materi skripsiku banyak sampai bingung mau jelasin yang mana. FYI waktu presentasi dibatasi 15-20 menit ya, usahakan pas, jangan lebih.

1 HARI SEBELUM SIDANG!

Alright! I am fine! Dredeg? Hm... kadang muncul kadang nggak, hehe... 1 hari sebelum sidang, aku masih merasa tenang. Begini guys! Aku mencoba bereksperimen dengan diriku sendiri, wkwk. Perasaan dredeg ialah perasaan ketika otakmu lagi banyak pikiran tentang suatu hal yang tidak-tidak, itu dredeg, seolah-olah kalian menghadirkan gambaran suasana ujian sidang yang mengerikan, itu sebab dredeg, padahal ya.. tidak semengerikan itu. Kalau pas kepikiran, segera buang! Kagak usah diladeni untuk dipikirin, itu antisipasi dredeg, yoh!

Besok hari Senin pagi jam 9 ujian! Minggu malam, aku sudah overload belajar, capek, sudah gumoh! Rasanya di otak yang muter itu-itu aja, hm... ya sudah, mending aku nge-game, menyenangkan diri biar rileks, ehe! Aku main plant vs zombie sampai jam 10 malam

SENIN PAGI! 2 JAM SEBELUM UJIAN!

Pagi-pagi jam setengah 7 aku langsung budal beli sarapan nasi bungkus, dan entah mengapa perutku mendadak tidak doyan makan nasi, but, aku paksain aja, pokoknya harus sarapan sampai habis! Aku tidak ingin ada drama pusing, migrain, lemes, atau pingsan pas ujian, no way! Okay! Jam setengah 8 aku langsung ngampus dianter temenku, soalnya ewuh, nggak bisa nyaman naik motor, la gimana aku pakai dresscode hitam putih lengkap dengan dasi, jas almamater, dan sepatu pantofel hitam, sip! 100% serasa jadi mahasiswa baru lagi, wkwk

Sebelum masuk ruang sidang, aku mampir dulu ke bagian akademik kampus untuk mengambil perlengkapan sidang seperti buku notulen dan 1 amplop besar (map) yang berisi berkas-berkas syaratku sidang. Sialnya! Ibu petugas akademik belum datang dan ternyata aku belum terdaftar untuk sidang hari itu, Gusti...! Okay! Sabar! Aku terpaksa menunggu, soalnya pendaftaran dan pengambilan perlengkapan itu kudu ke ibu itu dan tidak bisa diwakilkan oleh petugas yang lain. Waktu terus berjalan, pukul 08.30 WIB!

OMG, ibu akademik baru datang, beliau menyadari kalau lupa ngurusi berkas sidangku dan pendaftaranku! Beliau minta maaf, aku iya-iya aja, set-set-set! 15 menit! Beres! Aku langsung cus meluncur ke ruang sidang! Loh, kok sudah dibuka?!

Stupid! Ternyata salah satu dosen pengujiku sudah datang dong! Dan aku dengan sikap tidak berdosa, cuma meringis masuk dan langsung duduk. Kagak ada basa-basi, ‘permisi pak, maaf terlambat, bla-bla-bla, kagak ada!’ otakku saat itu nggak nyampek mikir ke sana, wkwk, maaf ya pak, efek gerogi pak, mohon dimaklumi, wkwk

Bodo amat lah!

Oke semua sudah siap! Aku masih menunggu nih, nunggu dosen pembimbing yang masih belum datang, di sinilah aku mulai ngeblank, agak bingung, agak dredeg, dan agak goblog mendadak, ehe! Rasanya pengen nonjok tembok sampek hancur! Entah mengapa begitu...

SIDANG!

Oke sidang dimulai pukul 09.15 WIB, aku langsung mengambil posisi untuk presentasi

Rasanya pas sudah di dalam ruang sidang, kayak robot, tubuh bergerak kayak patah-patah, wkwk...  pikiran jadi ada jedanya, loading dulu, takut serba salah!

Bla-bla-bla, aku lumayan percaya diri presentasi seperti pedagang yang promosi barang dagangannya, wkwk, soalnya gara-gara latihan presentasi yang lalu sampek ngerasa bosen

Kedua dosen pengujiku bapak-bapak semua, beliau-beliau tidak sepenuhnya memperhatikan presentasiku, tapi disambi ngoreksi naskahku dan entah ngapain, menyadari itu aku justru mulai relaks, oke, pelan-pelan, kendalikan diri! Hehe...

Eit! “Tunggu-tunggu, itu maksud data rusak gimana? Bla-bla-bla”

Byuh! Aku ingat sempet di STOP 2x saat sedang presentasi oleh dosen penguji utamaku, bukan, bukan nodong pertanyaan, tapi lebih ke mengomentari sambil sedikit ndagel. Sedangkan aku, yang sedang berdiri, automatically berhenti ngoceh, diem, cuma ikutan meringis, maksa ketawa, soalnya menurutku, jokes bapaknya nggak lucu sama sekali. Wkwk saking spanengnya saya mungkin

Okay, done! Presentasi selesai, alhamdulillah... agak ragu-ragu, aku mulai duduk

Narik napas dalam, siap-siap jawab pertanyaan

Dosen penguji anggotaku langsung ngasih 1 pertanyaan paling sepele sedunia, dan aku mendadak stupid, kagak bisa jawab, eh bukan nggak bisa, cuma kalimatku aja agak ruwet, jadinya kurang bener, dan sebenarnya jawabannya sudah tak jelasin pas tadi presentasi, tapi akunya nggak ngeh, nggak sadar kalau itu jawabannya, hadeh... wkwk



Pertanyaan sepele itu adalah... “Apa yang dimaksud dengan Hujan?”

What the hell men, hujan doang kagak bisa jawab, oh! How stupid am I?!

Ya gimana ya, namanya orang spaneng, gerogi, terlalu fokus sama rumus-rumus gak jelas keblabasan ya gini, hehe

Okay, done, aku sudah jawab, lanjut terosss

Jadi gini guys! Ketika sesi tanya jawab, ibaratnya kayak ditembak silih berganti dan nggak ada jeda, sekali pertanyaan selesai, langsung ganti pertanyaan lain, begitu seterusnya

Dan... ke dua dosen pembimbingku yang keduanya merupakan barisan emak-emak kece semua, apakah membantu? Yeah of course, they help me, but... membantu dalam menjabarkan pertanyaan si dosen penguji, bukan bantu ngasih jawaban, ya iyalah! Enak aja lu, kagak usah ngarep, sadar! Yang ujian siapa? wkwk

Ketika raut mukaku sudah tampak jelas ngowoh planga-plongo nggak tahu jawaban, di sinilah peran dosen pembimbing, untuk memecah keheningan serta ke krik-krik-an suasana, dan membantu menjabarkan pertanyaan, tujuannya biar aku paham pertanyaan dan bisa mudeng jawaban apa kiranya yang pantas tak persembahkan, but! Masalahnya bukan perkara jelas atau tidak pertanyaan itu, tapi masalahnya aku sudah sangat juelas memahami maksud pertanyaanya sekaligus sadar betul memang tidak tahu jawabannya, akhirnya aku dengan PD jawab ‘tidak tahu pak,’ wkwk bodo amat, sejujurnya aku nggak hanya sekali bilang ‘nggak tahu’ pas di kasih pertanyaan, la gimana, emang nggak tahu, mentok! Mau nggobes alibi juga jelas nggak nyaut, mending nggak usah jawab seklian! Daripada malah didebat lagi terus nyaut ke pertanyaan lain yang aneh-aneh, mending tak STOP aja, ‘kagak tahu pak!’ Wkwk

Oiya guys! Urusan deg-deg-an, grogi, salting, tegang, spaneng, dll. Itu sebenarnya sudah mulai ambyar pas aku presentasi dan di STOP sama si dosen penguji. Di situ aku sudah mulai merasa enjoy dengan situasi ujian, wkwk ngomong opo sih?!

Ya mungkin pas sesi tanya jawab memang masih ada bingung-bingungnya tapi sudah mulai relaks, ya itu tadi, aku ngerasa PD aja jawab ‘nggak tahu’ padahal lagi ujian sidang, wkwk... suasana pas tanya jawab menurutku seperti diskusi, and I like it! Entah mengapa aku jadi enjoy aja pas sesi tanya jawab, itu seru! That’s why, aku merasa oke aja kalau ujian lagi, tapi ya jangan wkwk

Alasan lain yang mendukung mengapa aku oke aja buat ujian lagi, because... ku merasa merevisi skripsi lebih susah daripada ujian sidang, hehe...

But! Pengecualian ya guys! Kalau kalian ujian sidang, ya lihat dulu situasi kondisinya, dosen penguji kalian siapa dan karakternya bagaimana? Ceritaku di atas jangan dicontoh, pas nggak bisa jawab malah PD bilang nggak tahu, wkwk bisa kacau ujian kalian

Usahakan tetep belajar dan redam overthinking yang nggak penting ehe!

Dah, gitu aja, hm... just share ya

Sekian, terima kasih...

Salam Coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

By: NZR
Alhamdulillah hamba sudah lulus, ehe! Sudah gitu aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar