Follow Us @nila_zulva

Jumat, 03 April 2020

Nikmatnya Mudik Jember-Ponorogo di Tengah Wabah Corona/Covid-19 [Catatan Perjalanan]




Nikmatnya Mudik Jember-Ponorogo di Tengah Wabah Corona/Covid-19 [Catatan Perjalanan]

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ahoy pembaca bloggerku... long time no see, ^_^

Mohon maaf sebelumnya, sekarang saya lumayan jarang nulis di blog karena rupanya alhamdulillah saya sudah ada laman sebelah yang kudu saya isi juga dengan tulisan,

Alhasil blog saya agak tersisih, ehe! But, saya akan tetap aktif nulis di blog ini kok, don’t worry!
Okay! Langsung aja ke inti duduk perkaranya, wkwk

Alhamdulillah pada Jumat, 27 Maret 2020 saya sudah resmi tidak lagi menyandang sebagai manusia perantauan kos-kosan di Jember sana haha... [kok saya girang?!]

Saya sudah pulang, back to my home, my paradise! Yeeeeeay!

Saya sudah kembali ke tempat asal saya, kota Reyog Ponorogo tercintah! Yeah!

Oiya, di tulisan ini, saya akan membahas detail perjalanan saya ketika pulkam nih, nah mengapa saya kudu cerita, memangnya ada apa? Apa yang spesial? Ehe! Ya... nggak ada sih sebenernya, wkwk ya cuma karena aku pulkam di tengah wabah virus corona atau covid-19 yang mendadak jadi selebriti seantero dunia nih, jadi kayaknya cocok kalau aku share ke kalian, KALIAN? [kalian siapa?]

Kali aja ada yang penasaran, gimana kondisi dan suasana mudik pas ada gempar virus corona ini, apakah ada bedanya? [kalau nggak penasaran ya nggak apa-apa sih, he, he, he]

Let’s check this out!

BOYONGAN!

So! Pada Kamis, 26 Maret 2020, eh bukan deng, mundur sehari, pada Rabu 25 Maret 2020

Aku dan temen sekamar Kos, sebut saja si Mas, lengkapnya Masrurotin, aha! Sudah siap dengan seluruh barang kos yang sudah dibungkus rapi di kardus-kardus dan diuncalkan ke tempat jasa pengiriman,

Rencananya, kami siap mengirim barang-barang tersebut besok Kamis pagi, sekalian berangkat pulang naik kereta pukul 9.13 WIB.

Okay! Kamis pagi, pagi banget nih, kami berdua masih adem ayem di kamar kosan. Oiya, FYI. Guys! Tempat jasa pengiriman paket, baru buka jam setengah 9 pagi, sedangkan kereta budal pukul 09.13 WIB dan jadwal ini sudah pasti gak bisa ditawar! Iyalah!

Saya, setelah mandi pagi, sekitaran jam 6, masih mondar mandir nggak jelas di kosan, sambil mikir juga.

“kok kayaknya nggak nutut ini, masa bisa rampung 30 menit ngurusi ngirim barang sekalian langsung budal ke stasiun?!” begitu kira-kira monolog di otak saya.

Ndilalah, sekitar jam 7 pagi, si Mas, temenku, masih belum selesai, sibuk ngurusi packing barang yang masih tercecer.

Nah loh! Masih ada handuk, beberapa gombal, pompa sepedah, tas masih basah, jemuran ada yang belum kering, hiyaaa! Kardusnya nggak muat! Masih banyak barang yang belum dipacking ternyata, hm..

Yo wes! Setelah rapat sejenak, saya dan Mas memutuskan untuk menunda jadwal keberangkatan dan pengiriman barang.

Singkat cerita, Kamis sore kami selesai mengirim barang dan Jumat pagi [esok hari], tinggal cus budal ke stasiun. Yoh!

BUDAL KE STASIUN JEMBER

Oke! Jumat pagi, jam setengah 9!

Saya segera mengabari teman saya yang lain, sebut saja Pak Nug, lengkapnya Nugroho, wkwk. Saya kirim pesan lewat whatsapp,

“Sudah siap!” begitu kira-kira.

Sip! Sekian menit kemudian, Pak Nug datang. Saya sambil agak kerepotan bawa barang segera nyamperin Pak Nug dan minta tolong ke dia buat nganterin saya ke stasiun.

Sebelum berangkat saya sempet nanya ke Pak Nug, niatnya biar dapat mendengar info melegakan,
“Kalau saya pesan tiket mendadak sekarang, masih ada nggak ya?” kira-kira begitu pertanyaan saya kepada Pak Nug.

Bukannya dapat jawaban pasti dan menenangkan, Pak Nug ternyata juga nggak tahu dan sedikit heran dengan pertanyaan saya.

What the h*ll? Kok bisa-bisanya anda baru beli tiket setengah jam sebelum kereta berangkat?! Di tengah wabah virus COROna begini?! Begitu kira-kira pikiran Pak Nug [rekaan saya ini, wkwk]

Mengetahui respon tersebut, level kepanikan saya yang sebelumnya level easy naik menjadi level medium, duh!

Ndadak saya kudu mampir dulu ke ATM ngambil uang, haish!

“eh, BTW aku nggak bawa helm! Nggak apa-apa kan ya?!” Diperjalanan saya nanya lagi, rupanya saya baru ingat, kalau ke stasiun kayaknya kudu pakai helm, alah mboh...

Saya agak panikan, tapi kalau dibilang santuy iya juga, wkwk

Okay! Syuuut! Sampailah saya di stasiun dengan selamat, aman, dan tanpa halangan suatu apapun.

Sebelum saya turun, si Pak Nug menawarkan diri buat stay di stasiun beberapa menit, jagani saya kalau tiket dadakan ternyata nggak bisa dipesan, nanti saya bisa balik kos lagi tanpa harus pesan jasa Ojol, okay! Terima kasih loh atas kebaikan hati anda, wkwk

Saya cus buru-buru masuk ke ruang pemesanan tiket, sedangkan Pak Nug segera melipir nyari tempat yang enjoy buat menunggu.

Honestly, saya agak gupuh, begitu masuk, barang segera saya taruh di kursi terdekat, berat euy! Saya tinggal, saya bergeser, melangkah sedikit ke tempat ngisi borang pemesanan tiket, wkwk, sret, sret, sret, kagak usah dibagusin tulisannya, yang penting tulisan saya emang sudah jelek dari sononya bisa dibaca ehe!

Oke, done! Langsung meluncur ke mbak-mbak cantik yang ngurusi pemesanan tiket, btw si mbaknya masang ekspresi gupuh juga loh, entah kenapa, apa karena saya bilang, saya mau pesan tiket kereta yang 10 menit lagi mau berangkat?! Wkwk

Oke, beres! Maaf Pak Nug kalau nunggu lama, soalnya sekalian tak selesaikan urusan beli tiket biar fix lega sekalian, baru setelah itu saya telpon teman saya itu, saya kabari, tiket ternyata bisa dipesan dan ucapan terima kasih karena sudah membantu, matur suwun pokok e!

Lanjot!

PEMERIKSAAN!

Setelah beres dapat tiket, saya segera pindah tempat, melangkah ke boarding pass! Pemberangkatan! Eits! Sebelum masuk, saya nunggu temanku lah, si Mas, dia baru datang diantar temennya.

Sekian menit sebelum si Mas datang, saya sempat menunggu di ruang pemberangkatan dan mengamati sebentar. Oh...

Jadi, sebelum masuk di jalur kereta, ada pengecekan suhu tubuh. Fasilitas kursi juga dikasih tanda silang, dikasih jarak, kagak boleh diduduki sebagian, physical distancing, okeh!

Oiya satu lagi, ada 1 orang yang kebetulan lagi bertugas mengabadikan momen di stasiun kereta di tengah wabah corona begini. Dia bawa kamera sambil sibuk merekam sana sini, ehe!

DALAM KERETA!

Yuk! Udah masuk nih, duduk nih, wkwk opo seh?!

Yak! Duduk, celingukan sana sini, yak, ada penumpangnya, ada tas-tas, ada karyawan KAI mondar mandir nawarin makanan, jajan, minum, dan bantal, dan... tidur! Udah! Ahaha...

Begini teman-teman.. sejak Corona mewabah kemana-mana, suasana di dalam kereta ada bedanya sedikit nih,

First! Penumpangnya sedikit, jadi suasana di dalam kereta itu sepi mampring, kira-kira nih, kalau misal 1 gerbong berisi 100 tempat duduk, yang keisi nggak sampek 50%, iya begitu. Dan saya suka itu, wkwk tenang dan damai, sip!

Second! Saya bisa selonjoran dan tidur sesuka hati, kursi panjang yang seharusnya dipakai 3 orang, saya pakai sendiri buat tiduran, ya gimana, penumpangnya nggak ada, kan mubadzir kalau tidak dimanfaatkan, ya kan, ehe!

Third! Nyaris semua penumpang pakai masker [termasuk karyawan KAI] dan bawa senjata, eh semprotan! Ya.. semacam larutan alkohol gitu, buat nyemprot entah tangan, temen sebelahmu, tempat duduk, kaca, atau gorden kereta yang dicurigai mengandung virus corona, hm...

Last! Kamar mandinya, suka nih saya. Jadi, kamar mandinya itu saya rasa jadi lebih bersih, berfasilitas lengkap, dan rapi. Ada tisu, sabun, air lancar, tempat sampah, sip!

Hm... kayaknya udah sih, itu aja, hehe...

7 jam lo saya di kereta, Jember ke Ponorogo, dan selama itu juga jumlah penumpang itu kayak nggak nambah-nambah, malah kurang, ya udah, makin enjoy ngelanjutin mimpi saya,

END

Alhamdulillah sampai Stasiun Madiun pukul 16.30 WIB

Saya segera pulang bersama the one and only, my hero ever, Bapak saya

Saya pulang dengan selamat, sehat, dan tanpa gangguan suatu apapun, sip!

Sudah, sekian...

Semoga bermanfaat [entah manfaat dari segi apa, pokoknya semoga bermanfaat]

Salam coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ehe!

By: NZR
Coba kalau suasana perjalanan selalu sepi seperti ini, mantep deh! Wkwk

2 komentar:

  1. gabungo neng bloggerperempuan.co.id jol.. ngge nambah wawasan.. kadang yo eneng lombane nulis barang..

    BalasHapus