Follow Us @nila_zulva

Nginep di Gunung Pringgitan Ponorogo Jawa Timur

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hi guys, long time no see... okay enough!

Jadi nggak usah basa-basi lagi, langsung aja ke cerita ya, ehe!

Oh my goodness... baru nyadar (lama banget nggak nulis di blog, ouch! So sad..)

Ternyata oh ternyata! Kunjungan ke Gunung Pringgitan ini sudah sejak 19 Juli 2020 lalu woy! Gile! Ini baru mau nulis 24 Oktober 2020, 3 bulan woy, haduh...

Oke deh, langsung aja ke cerita

Eits, kalau mau nonton video 'Nginep di Gunung Pringgitan' di YouTube, KLIK DI SINI

INTRODUCTION!

So, rencana paling awal ialah, aku dan temenku, namanya Mas, iya ‘Mas’ aja manggilnya. Dia adalah temen seperjuangan kuliah, satu desa gitu, kita tetanggaan tapi posisi rumah agak jauh, oke.

So! Si Mas ini ngajak aku jalan-jalan ke Gunung Pringgitan, Ponorogo soalnya dia sudah ke sana sebelumnya sama kakaknya, jadi si Mas ini ngasih testimoni gitu tentang lokasi Gunung Pringgitan ini. Nah! Begitu aku tahu, langsung lah, iya in aja aku mah, let’s go!

Sebagai salah satu manusia dengan pikiran super simpel, aku dan si Mas ini rencananya pengen pergi ke Gunung Pringgitan berdua aja. Pengennya nggak ribet bawa barang-barang meskipun kita rencananya pengen bermalam di Gunung Pringgitan biar bisa lihat sunrise gitu.

Intinya nih, kita naik motor boncengan, bawa baju/jaket secukupnya, tikar, sama jajan/makanan secukupnya, iya, gitu doang!

But! Di tengah jalan nih, pas nentuin hari kapan kita budal, si Mas ini ngusulin ngajak temen-temen yang lain biar agak rame gitu, biar makin seru, sekali lagi, aku iya in aja! Oke ngikut!

Nah, dikabarilah beberapa temen yang mana temen-temen itu juga temenku waktu SMP/MTs dulu, jadi kesimpulannya kita semua sama-sama kenal tapi si Mas lebih akrab sama mereka. Oke, dah dikasih tahu nih,

Singkat cerita, tiba-tiba terbentuklah sebuah grup dadakan di Whatsapp yang di dalamnya sudah rame penduduknya, dan aku termasuk salah satu di dalamnya, (woy! Kenapa jadi rame banget, ribet!/batinku dalam hati)

Iya cuy, buka hp tahu-tahu grup sudah rame chat sampek ratusan! And you know what?! Mereka bahas barang-barang yang mau di bawa jalan-jalan ke Gunung Pringgitan, uda kayak mau ndaki beneran ke Gunung Everest! What The H_ _ _ is that! (sorry)

Yah.. ane cuma jadi silent reader aja sambil geleng-geleng kepala, ane sebagai cewek ribetnya nggak sampek segitunya loh, bawa panci lah, kompor lah, tenda, tikar, senter, apa lagi, wuah banyak deh.

Singkat cerita aku sama si Mas mencoba ngomong kalau kita rencana nginep di Gunung Pringgitan itu super suimpel aja, jadi jangan ribet-ribet bawa barang kayak mau pindah rumah, okeh!

BTW. Aku kasih tahu ya aku bawa apa aja, jadi, aku sendiri nih, cuma bawa kaos lengan panjang, jaket, sendal gunung, celana, sama jilbab 1 doang, hp, duit, sama makanan, udah.

Tapi ada temenku yang memang dia inisiatif sendiri (laki, yang agak ribet itu tadi, rela bawa tikar, tenda, kompor, panci, dan wadah-wadah buat makan, peralatan ndaki lah pokoknya)

BERANGKAT

Jadi guys! Akhirnya, sudah ditentukan hari dan siapa saja yang berangkat, jadi, ada lima orang, yakni aku, si Mas, si Sat, si Pras, dan si Yan. 3 cewek, 2 cowok. Oke budial!

Kita berangkat Sabtu sore, sekitar setengah 5 kalau tidak salah. Formasinya, aku diboncengin si Mas, si Sat dan si Yan boncengan, dan si Pras naik motor sendiri.

Medan dari rumah ke Gunung Pringgitan nggak susah sama sekali, mulus pokok e, soalnya sudah aspal semua, dan kalaupun ada belokan-belokan dan naik turun, itu masih normal dan wajar dan aman untuk para cewek yang pengen naik motor sendiri alias nggak mau diboncengin. Oke!

Agak sial guys, kakiku, lebih tepatnya, dengkulku, pas lewat jalan sempit di pedesaaan pas mau sampai lokasi, nggak sengaja kepentok pojokan tempat tidur kayu yang ditaruh di pinggir jalan, sialan!

Alhasil, karena naik motor dengan kecepatan yang lumayan, pas nabrak, widih.... rasanya gile, mantep banget, nyut-nyutan sampek nggak tahu lagi mau ngomong apa, hadeh... dengkulku auto membiru dan gosong dan nyeri dan agak pincang gitu jalannya, tapi ya, ditahan-tahan aja, ya masa iya nggak jadi naik ke Pringgitan padahal dah siap sampai lokasi, ya jangan lah,

Untung temenku si Sat bawa koyo, ya... bisalah buat ngobatin nyerinya

KAKI GUNUNG PRINGGITAN

Nah, singkat cerita kita sampai di kaki Gunung Pringgitan, waktu itu kita sampai pas maghrib. Nah, di sana tempatnya ada satu rumah warga gitu, bentuknya masih tradisional dan sederhana, tapi sudah dikeramik, ada listrik, tv oke.

Di sana kita bayar murah banget cuma Rp5.000 aja guys, terus kita dapat semacam kertas parkir gitu, ntar pas pulang ditunjukin lagi kertasnya sebagai bukti kalau kita pengunjung dan pemilik motor yang kita bawa, yah, ibaratnya buat parkir nitipin sepedah motor. Nah, pemilik rumah di sana juga ramah ya, ehe, nyediain mukena sama kamar mandi, nah kamar mandinya gratis nggak bayar guys.

Oiya, pemilik rumah juga jualan gorengan kalau kalian mau beli buat bekal cemilan sebelum naik gunung. Ntaps!

Oke, waktu itu habis sholat maghrib, kita sekalian sholat isya karena nanggung banget ya kan, biar ntar pas naik dan sampai atas sudah lega gitu, nggak ada beban. But! Pas udah sholat isya, ternyata ada dua temenku yang lain nyusul, namanya si Nang sama si Ul (mereka boncengan berdua, laki semua).

Nah, habis isya, sudah siap semua, bawa barang masing-masing, kita berangkat....

Nah! Sejujurnya guys, dengan kesadaran diri penuh, aku masih ada keraguan bisa naik sampai atas apa nggak, soalnya, dengan tubuh kerempeng, super hemat, super ringan, dan ringkih ini, aku takutnya bakalan ngos-ngosan di tengah jalan dan nggak kuat naik sampai atas. Hadeh... bisa berabe kan,

But, untungnya, ya... sambil ngalihin rasa capek sama pemandangan sekitar yang serba gelap di tengah hutan, capeknya agak berkurang meskipun tetep ngos-ngosan, pikiranku tetap kujaga agar tidak kepikiran kemana-mana dan bikin panik dan ngabisin tenaga. Wait! Apakah penjelasanku alay? Bodo amat lah ya, ya bagi saya yang memang lemah fisik, ya begitulah adanya

Jadi, ndaki Gunung Pringgitan ini, sejujurnya, kalau yang fisiknya bagus dan memang hobi ndaki, hah, nggak ada apa-apanya, gampang buanget, nggak ada susah-susahnya sama sekali, super mudah pokok e.

Pokoknya, medan pendakian nggak ekstrem dan nggak susah sama sekali, super lancar, bukan bebatuan keras, tapi semacam tanah campur batu tapi kokoh, jadi pas dipijak nggak ada keluhan bakalan terperosot atau longsor atau gelundung, nggak ada. Jalan juga relatif datar, nggak terlalu menukik atau miring banget atau kaki kudu pecicilan, nggak, nih, buktinya, temenku yang pakai rok, enjoy aja naik Gunung Pringgitan, eh, sebenarnya ini sih bukan gunung ya, lebih pas kalau disebut bukit, jadi mudah banget.

Pas ndaki juga nggak lama, nggak sampai 1 jam, hm... mungkin malah cuma setengah jam sudah sampai puncak, btw disepanjang pendakian banyak pohon-pohon menjulang tinggi, sejenis pohon pinus mungkin, terus, pas lihat ke atas, ke langit, bagus sih, jadi pemandangan langit itu nggak full langit tapi terhalang pohon-pohon gitu, dan itu bagus.

ON TOP!

Finally! Sampai juga di puncak Gunung Pringgitan, puncak Gunung Pringgitan nggak luas ya guys, tanah datarnya nggak terlalu luas, tapi... kalau buat ndirikan tenda, cukuplah 7 tenda berdiri bareng, tanahnya nggak bersih tanah, tapi ada rerumputan tumbuh di mana-mana, semut juga lumayan banyak, pepohonan juga banyak. Tapi ada tempat yang lebih tinggi lagi di sekitar puncak itu, jadi naik lagi sebentar, ini lebih ke menanjak ke atas batu sih, soalnya kalian bagi cewek yang mau naik bener-bener puncak Pringgitan ini harus ada yang narik biar naiknya enak, ehe! Intinya harus dibantu.

Okeh, jadi karena tadi ketambahan 2 orang alhasil, pas sampai puncak kita jadi bertujuh, rame broh! Begitu sampai, temenku laki-laki nyari lokasi yang pas buat bangun tenda. Dan... lumayan kocak sih mereka bangun tendanya, kebalik-balik mulu, wkwk... mereka pernah ndirikan tenda, cuma memang tenda yang ini agak membingungkan, bentuknya agak unik tidak seperti biasanya, ehe.

Oke tenda sudah siap, gelar tikar, menata perlengkapan, kita bertujuh duduk bareng. Entah habis itu mungkin kita bincang-bincang sebentar sambil makan malam nasi bungkus yang memang sengaja dibawa buat bekal oleh temenku si Mas dari rumah.

Sudah kenyang, kita main UNO, wkwk yah... begitulah, kita main dua kali kalau nggak salah, habis itu, aku, si Mas, si Pras, dan si Yan memutuskan untuk naik ke puncak bebatuan Gunung Pringgitan, biar kita bisa menikmati pemandangan sesungguhnya Kota Ponrogo, Jawa Timur keseluruhan.

Eits! Sebelum naik, ternyata ada dua lagi temenku laki-laki yang nyusul, tiba-tiba nongol aja gitu, namanya si Her sama si Aw. Jadi kita camping bersembilan, 3 cewek, 6 cowok, haish! Rame!

Memang, inilah tujuan utama aku pergi ke Gunung Pringgitan, lihat pemandangan Kota Ponorogo dari atas pada malam hari, to be honnest, ini mirip banget dengan pemandangan pas di Paralayang, Malang. Cuma bedanya memang, Kota Ponorogo tidak segemerlap Kota Malang tapi kurang lebih sama. Hawa dingin juga lumayan, dan tentu di Malang bisa 2 kali lipat lebih dingin lagi. Super epik pokok e!

Dan FYI, Gunung Pringgitan memang terkenal sebagai spot untuk menikmati pemandangan alam Kota Ponorogo keseluruhan dari atas, dan pengunjung Gunung Pringgitan bisa dari luar kota juga loh, paling banyak sih dari Madiun, dan aku cukup heran, mereka jauh-jauh ke sini, wkwk (nggak jauh sih, tetanggaan)

Aku nikmatin pemandangan di puncak Pringgitan sampai hampir tengah malam, aku dan temen-temenku puas-puasin mandang kota sama foto-foto nggak jelas, habis itu turun lagi balik ke tenda. Tidur deh,

And you know what, Adem Poll cuy!!! Gile, sampek bingung susah tidur gara-gara dingin, and... terima kasih deh buat temenku yang rempong ngeyel bawa tenda, emang berguna banget, wkwk.. apakah saya menyesal, nggk juga, kalaupun nggak ada tenda, aku masih kuat kayaknya nginep di puncak Pringgitan wkwk...

SUNRISE

Pagi-pagi jam 4, kita semua bangun, sholat subuh, pake tayamum, karena nggak ada air, terus masak air (biar mateng!) hadeh, buat mie cuy! Kita laper semua, pagi-pagi padahal orang-orang yang juga nginep di sana jam segitu masih mimpi indah, wkwk...

Oke mie instan primadona seluruh masyarakat sudah siap tinggal disantap, selesai makan, kita semua kompak naik lagi ke puncak Pringgitan, buat enjoy pemandangan sunrise! Uhuy! Ternyata, wih, pengunjung yang pada nginep tadi, semua juga sudah pada naik, rame banget woy, wkwk...

Oke enjoy the sunrise. Ntaps! Habis itu kita foto-foto nggak jelas banyak buanget!

Setelah puas nonton sunrise, kita turun lagi, beresin tenda, packing, bersihin sampah, terus cabut! But, pemandangan pas turun gunung, pulang, nggak kalah mantep bray, bagus juga, pas di tengah hutan, jadi lebih jelas semuanya, alami gitu lah pokoknya, pohon-pohon menjulang tinggi banget, cakep! Ehe!

Sudah, gitu, pas turun, ngasihkan tiket masuk yang tadi, pulang deh....

Gunung Pringgitan, buat orang Ponorogo, apalagi yang masih muda-mudi, wajib banget sih ke sini, soalnya, ke lokasinya mudah banget dan murah banget, sekaligus super aman juga, kalau pemandangan rekomendasi lebih bagus pas malam hari sih, lebih mantep, lebih estetik, wkwk

Oke gitu aja, btw terima kasih banget semua yang sudah gabung jalan-jalan ke Gunung Pringgitan, lumayan oke menghibur, refreshing ringan, dan mantep pokok e

Sekian terima kasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Lu tahu nggak, dengkulku membiru tambah mengerikan setelah ndaki ke Gunung Pringgitan, dan luka itu baru sempurna ilang setelah 7 hari kemudian, gile, emang sakit banget sih