Follow Us @nila_zulva

Sabtu, 14 Desember 2019

LIFESTYLE BURUK SEBAB TUBERKULOSIS? [TBC PARU-PARU] EPISODE 2



LIFESTYLE BURUK SEBAB TUBERKULOSIS? [TBC PARU-PARU] EPISODE 2

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Next! Hehe awal nulis langsung next

Iya, jadi tulisan ini ngelanjutin tulisan sebelumnya tentang TUBERKULOSIS, bisa kalian read dengan KLIK DI SINI

Oke, langsung aja ya...

BTW judul yang kemarin aku tulis “KOK BISA SAKIT TUBERKULOSIS?” Tapi pas pembahasannya nggak tak tulis sama sekali tentang penyebab mengapa bisa kena penyakit TBC wkwk... malah ngelantur kemana-mana

But, di tulisan sebelumnya memang aku mencoba jelasin dari awal banget biar jelas, gitu... hehehe semoga jelas ya

Oke sekarang aku jelasin penyebabnya, kok bisa kena sakit TBC, kira-kira seperti ini, check this out!

PENYEBAB TBC [based on me]

Jadi, guys, kenapa kok aku bisa kena TBC? Aku sudah nge-list beberapa sebab sebagai berikut:

BERGADANG

Jadi begini, selama aku kuliah, kurang lebih hampir 4 tahun, jadwal dan porsi tidurku bisa dibilang sangat turun drastis kalau dibandingkan sebelum kuliah. Ya karena emang beda ya kehidupan SMA sama Perguruan Tinggi, apalagi aku ngambil jurusan eksak dimana di situ bisa dipastikan tugasnya agak banyak + praktikum. Jadi, awal kuliah aku sudah mulai terbiasa buat bergadang, berangkat tidur sering pukul 00.00 WIB lebih baru merem, memang tidak setiap hari, tapi jika dalam satu minggu, dipastikan hari bergadang lebih banyak daripada hari tidur normal. Al hasil... terus menerus seperti itu sampai semester tua, nah! di semester 8! Karena saking terbiasanya bergadang, aku nganggep kalau pukul 23.00 WIB atau 00.00 WIB itu rasanya kayak baru pukul 21.00 WIB, hadeh... jadi, tengah malam bagiku justru menjadi waktu yang tepat buat start ngerjakan tugas, bahkan aku pernah sempat sering budal nyuci baju tengah malam wkwk, zaman kuliah semester 4.

Sebenarnya aku bukan tipe anak malam yang tiap hari bergadang keluyuran, NO! Aku memang bergadang but stay di kos, nggak ke mana-mana. Tapi entahlah, namanya aja tetap bergadang, kena angin malam, dimana sudah memang hukum alam kali ya, hehe... bagaimanapun! Angin malam itu emang nggak baik buat kesehatan. Jadi kondisi kosku itu terbuka, kalau malam hari pintu kamar kosku ya tak buka full kalau aku belum tidur, otomatis si angin malam bisa leluasa masuk menuhin kamar dan dulu aku rasa itu nggak masalah, but sesimpel itu tetap bisa berpengaruh pada kesehatan ya

POLA MAKAN

Nah ini! Ini adalah sebab dari segala sebab wkwk. Ya kan manusia adalah makhluk hidup yang hukumnya wajib buat makan, kalau nggak makan ya bisa dipastikan innalillahi, end hidupnya. Namanya juga anak kos, anak kos siapapun itu, pasti pola makannya rata-rata nggak bagus, berantakan, dan sekarepe dewe, wkwk. Dari dulu memang aku sengaja me-setting jadwal makanku saat kuliah menjadi 2x sehari, padahal kalau di rumah 3x sehari ehehe.. biar hemat iyalah! wkwk Komposisi gizi juga bodo amat, nggak terlalu peduli, pokoknya ada nasi, lauk tahu tempe aja udah oke dan enjoy ngunyah makanan tanpa nuntut menu yang lezat, kagak cukup dong bray duit bulanannya kalau nurutin nafsu lidah aja!

Oke, kadang nih, ya biasalah ya, kalau tanggal tua, dompet sepi banget, pola makan bisa cuma 1x sehari atau yang parah bisa sampai nggak makan. But, aku nggak separah itulah, ya pernah kayak gitu cuma ya beberapa kali aja bisa dihitung jari, nggak sering, gila aja! wkwk...

Intinya! Kalau pola makan kalian keterusan nggak sehat, nggak bergizi, dan berantakan, siap-siap aja penyakit bakal buat sarang ditubuh soalnya imunitas bakal menurun karena suplay makanan sebagai pembentuk energi sedang nggak bagus.

KETURUNAN

Ini prediksi dari my mother and I think... I agree. Faktor keturunan, memang adikku dulu, waktu masih kecil, pernah sakit TBC, but, kata dokter anak kecil bukanlah pelaku yang bisa nyebarin virus TBC, yang bisa nyebarin hanya orang dewasa. Jadi dokter menyimpulkan adikku bukanlah penyebab aku terkena virus TBC. Selain itu, ternyata ada saudaraku dan pamanku yang pernah sakit TBC juga, padahal kita nggak pernah kontak fisik atau interaksi secara langsung, artinya, jarang buanget ketemu langsung gitu. Jadi, mungkin bisa ditarik kesimpulan kalau faktor keturunanlah yang menyebabkan aku kena TBC, tapi ya nggak nutup kemungkinan lain juga, kayak dari lifestyle-ku yang buruk sebagai salah satu penyebabnya.

ABAI TENTANG KESEHATAN

Hm.. malu gueh! Hehe... ini ya guys jangan dicontoh beneran! Separah apapun ketidakpekaan kalian, tapi tolong, untuk kesehatan kalian harus peka! Wajib! Karena kalau nggak peka bisa bahaya, sakit, nyiksa, menderita, dan bisa ngabisin duit tabungan kalian dalam hitungan menit, wkwk

Jadi gini, ketika aku difase nggak punya duit, di tanah perantauan, sendirian, dan menyedihkan, ya ampun... ngenes banget hidup gue! wkwk... ya pokoknya pada saat itu, dari segi kesehatan, sudah mulai ada gangguan nih, awalnya cuma sakit batuk biasa, kadang demam, tapi cuma sebentar, ya... penyakit yang sekiranya dianggep ringan gitu lah. Karena memang dasar aku tergolong manusia yang nggak peka sama sekali, al hasil, ketika aku mulai nggak enak badan, bahkan sampek sudah parahpun, aku tetap nganggep aku baik-baik saja, everything is fine! All is well.. Hm... how stupid am I?! Padahal jalan udah sempoyongan, mata udah nggak fokus mandang tetap aja aku bilang aku tidak apa-apa, STUP*D!

Please guys, sakit seringan apapun, jangan ABAI! Setidaknya kalau nggak mau ngobat, kalian perbaiki pola, porsi, dan komposisi gizi makanan kalian, biar tubuh bisa cepet nyembuhin secara alami, dan nggak keblabasan sampek parah. SETUJU?! Kudu Setuju!

Yup! Mungkin itu aja sih, faktor-faktor yang bisa dipertimbangkan sekiranya jadi penyebab kenapa kok aku bisa kena TBC, wkwk... mungkin yang pernah sakit TBC punya cerita yang berbeda dan penyebab yang beda pula... ku hanya sharing info aja, buat sekadar WARNING!

Mungkin faktor-faktor di atas kayak sepele gitu ya, atau ada yang mikir,

“alah, aku sudah dari dulu bergadang nggak ada masalah tuh, aku makan juga nggak teratur tapi masih sehat, nggak sampek segitunya,”

Oke, pernyataan itu tidak salah. Tapi perlu kalian pikirin juga, kekuatan fisik tiap manusia kan beda-beda, memang aku ini kalau fisik tergolong nggak sekuat teman-temanku, jadi mungkin lebih mudah sakit dan... perlu dipikirin juga, gini ya guys, ingat pribahasa ini, “Sedikit Demi Sedikit, Lama-Lama Menjadi Bukit” ibaratnya kalau kalian membiasakan diri dengan kebiasaan buruk meskipun sepele, lama-lama bakalan ngefek menjadi sesuatu yang buruk juga, ibaratnya kayak nabung penyakit. Gimanapun juga, sekuat apapun fisik kalian, pasti akan mengalami masa-masa lemah, dimana penyakit nggak bakal bisa dihindari, oke! Gitu ya, sehat itu mahal dan sulit [membiasakan lifestyle yang baik tidak mudah lo ya] tapi kalau kalian sakit mahalnya bisa dobel berkali lipat!

Okay, I think that’s all

Sekian dulu, semoga bermanfaat

Next! Masih berlanjut! To be continued...

Salam Coret!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

BY: NZR
Dari zaman kapanpun yang namanya sakit itu nggak enakkkk! wkwk

2 komentar: